Vaksin Covid-19 Tiba di Kepulauan Meranti

Kamis, 28 Januari 2021

MERANTI, PANTAUNEWS.CO.ID - Pendistribusian Vaksin Covid-19 telah sampai di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau. Vaksin dibawa menggunakan mobil Bio Farma hingga ke Tanjung Buton Siak. Dari sini, vaksin sinovac dibawa menggunakan transportasi laut dengan pengawalan ketat.

Pantauan di lapangan, vaksin sinovac dibawa menggunakan speedboat khusus dari pihak kesehatan dan tiba di Selatpanjang sekitar pukul 12.20 WIB. Speed boat tidak bersandar di Pelabuhan Tanjung Harapan, melainkan di Pelabuhan Nursyaadah Jalan Tebingtinggi.

Tiba di Selatpanjang, vaksin dibawa ke tempat penyimpanan, gudang farmasi Dinas Kesehatan Kepulauan Meranti. Pendistribusian hingga Diskes, dikawal ketat pihak kepolisian dari Polda Riau, pihak Polres Kepulauan Meranti dan TNI.

Menurut keterangan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepulauan Meranti, M Fahri SKM, setelah vaksin tiba, mereka akan segera mempersiapkan pencanangan vaksinasi. Rencananya, vaksiniasi terhadap kelompok penerima vaksin pertama dijadwalkan pekan depan.

"Untuk informasi waktu dan tempatnya belum dapat kita dapatkan. Namun dalam waktu dekat akan segera kita informasikan, termasuk orang yang divaksinasi dalam pencanangan itu," kata Fahri.

Dijelaskannya lagi, pada pencanangan perdana itu nantinya, akan ada 10 nama yang melibatkan beberapa unsur. Diantaranya, pemerintah dan forkompinda. Sementara orang yang akan divaksin itu terlebih dahulu akan discreening atau tes kesehatan.

"Proses awalnya, kita lakukan screening atau cek kesehatan, apakah orang itu bisa divaksinasi atau tidak," ujar Fahri.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan itu menuturkan, ada sebanyak 1.920 dosis vaksin Sinovac yang didistribusikan oleh Pemprov Riau. Vaksin itu akan disasarkan kepada 940 orang penerima.

"Vaksinasi kepada nakes akan dilakukan secara bertahap. Targetnya Februari 2021 bisa selesai," tambah Fahri lagi.***