250 Vial Vaksin Sinovac Tiba di Kecamatan Lamba Leda

Rabu, 03 Februari 2021

MANGGARAI TIMUR, PANTAUNEWS.CO.ID - Sebanyak 250 vial/dosis vaksin Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) bernama Sinovac telah tiba di Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada hari Selasa (02/02/2021) sekitar Pukul 17.00 WITA.

Demikian disampaikan Agus Supratman, Jubir Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Lamba Leda dalam rilis resminya kepada media ini melalui pesan WhatsApp (WA), Selasa (02/02/2021) malam.

Dikatakannya, Vaksin Sinovac yang digunakan untuk mengendalikan rantai penyebaran virus Covid-19 yang menyebar melalui transmisi droplet (percikan air liur) yang dihasilkan saat orang sedang terinfeksi flu, batuk, bersin atau mengembuskan nafas ini, secara serempak tiba di empat puskesmas di Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur.

"Perolehan vaksin Covid-19 ini bervariasi di masing masing puskesmas antara lain, Puskesmas Benteng Jawa 84 vial, Puskesmas Dampek 100 vial, Puskesmas Weleng 60 vial dan Puskesmas Wae Nenda 6 vial," kata Agus Supratman yang juga menjabat sebagai Sekcam Lamba Leda.

Agus juga menjelaskan bahwa secara teknis, penyuntikan vaksin dilakukan dua kali untuk satu tenaga medis dengan durasi waktu suntikan pertama dan kedua bisa diatur sesuai ketentuan, dan disesuaikan dengan jumlah vaksin. 

"Secara teknis, penyuntikan vaksin dilakukan dua kali untuk satu tenaga medis dengan durasi waktu suntikan pertama dan kedua diatur sesuai ketentuan dan jumlah vaksin yang ada," jelas Agus.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa menurut rencananya, vaksinasi terhadap tenaga medis akan dilakukan secara serempak, yang jadwalnya akan direncanakan pada hari Kamis (04/02/2021) di masing masing puskesmas tersebut.  (*)

Penulis: Richard Bon