Angin Puting Beliung Hantam Bangunan SMPN 5 Lamba Leda

Senin, 01 Februari 2021

MANGGARAI TIMUR, PANTAUNWES.CO.ID - Bangunan Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 (SMPN 5) Lamba Leda, di Terong, Desa Tengku Lawar, Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur ambruk dihantam angin puting beliung, Sabtu (30/01/2021), sekitar Pukul 17.40 WITA.

Hal ini disampaikan Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Lamba Leda Agus Supratman kepada media ini, Senin (01/02/2021) pagi.

Agus mengatakan, 2 ruangan belajar SMPN 5 Lamba Leda itu dari bangunan darurat yang dibangun pada tahun 2018 dengan menggunakan anggaran swadaya orang tua siswa.

Lebih lanjut, Agus menjelaskan bahwa tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun terdapat beberapa kerugian akibat kerusakan yang dialami seperti kursi, meja belajar dan papan tulis. Total sementara yang dapat dilaporkan sekarang ini yakni 48 kursi duduk siswa, 48 meja siswa, 2 buah kursi duduk guru dan 2 meja untuk guru serta 2 papan whiteboard. 

"Data akurat kerusakan dan kerugian sedang diproses dan akan dilaporkan secara tertulis," Ujar Agus. 

Agus menambahkan, siswa-siswi tidak terhambat belajar akibat peristiwa ini sebab masih ada bangunan lain yang dapat dipakai untuk kegiatan belajar mengajar (KBM). Secara kebetulan juga akibat Covid-19, siswa-siswi sedang menggunakan pola belajar sift untuk masuk sekolah, sehingga tidak terhambat dengan kejadian tersebut.

Kerugian akibat kejadian ini masih didata oleh petugas lapangan. Pihak kecamatan juga telah meminta Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 5 Lamba Leda untuk membuat laporan tertulis ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

"Pihak kecamatan juga sudah buat laporan cepat via telfon ke Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Manggarai Timur dan Kalak BPBD terkait hal ini, pada Minggu (31/01/2021)," tutup Agus. (*)

Penulis: Richard Bon