BPBD Manggarai Timur Siap Distribusikan Bantuan Darurat Korban Bencana Alam

Senin, 01 Februari 2021

MANGGARAI TIMUR, PANTAUNEWS.CO.ID - Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur (Matim) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) siap mendistribusikan bantuan darurat untuk korban bencana alam dibeberapa tempat di Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Demikian informasi yang dihimpun media ini, Senin (01/02/2021) sore melalui siaran pers yang disampaikan Kepala Pelaksana Tugas BPBD Kabupaten Manggarai Timur Mikael Jaur, SE, M.Si.

Mikael Jaur mengatakan bahwasanya bantuan darurat tersebut akan mulai didroping pada hari Selasa (02/02/2021) mulai dari wilayah Kecamatan Lamba Leda.

"Selasa kita droping bantuan darurat. Bantuan itu sifatnya darurat, tentunya tidak mengakomodir seluruh derita kerugian korban", ungkapnya.

Selanjutnya, Ia menjelaskan, bahwa bantuan darurat itu akan dimulai dari Kecamatan Lamba Leda, karena duluan terjadi bencana di sana dan sesuai laporan cepat dari pihak kecamatan.

"Mulai dari Kecamatan Lamba Leda di Wilayah Satar Padut yang terdampak banjir bandang, rumah yang tertimpa pohon di Satar Punda Barat dan rumah yang diterjang angin kencang di Satar Punda, kemudian korban sawah dan lahan kering terdampak tanah longsor di Wilayah Desa Compang Mekar di kecamatan yang sama", jelas Maikael Jaur.

Ia menambahkan, untuk sekolah yang roboh akibat terjangan angin puting beliung, nanti kami akan lakukan koordinasi terdahulu dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk penangganan kedepannya.

Kepala Plt. BPBD yang juga sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Matim itu kembali menegaskan, distribusi bantuan ini sifatnya hanya untuk darurat saja.  "Bantuan ini sifatnya hanya darurat, sesuai kondisi logistik yang ada, Kedepan tentunya tetap dipikirkan hal-hal yang bisa dibuat untuk korban bencana ini", ungkapnya berharap. (*)

Penulis: Richard Bon