Bupati Terpilih Orient Riwu Kore: Saya Warga Negara Indonesia

Jumat, 05 Februari 2021

KUPANG, PANTAUNEWS.CO.ID - Bupati Sabu Raijua terpilih Orient Patriot Riwu Kore buka suara soal status kewarganegaraannya. Ia yang terpilih dalam Pilkada Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur, 2020 itu belakangan disebut memiliki kewarganegaraan Amerika Serikat.

Saat mendatangi Polda NTT, Jumat (5/2), Orient membantah dirinya berstatus WN AS. Dia menegaskan dirinya berstatus warga negara Indonesia.

"Bukan (berstatus warga negara ganda), Saya warga negara Indonesia," kata dia di Mapolda NTT, Kupang, Jumat (5/2/2021).

Ia juga menjelaskan status kewarganegaraannya sudah ada yang memproses sebelum terpilih menjadi bupati Sabu Raijua dalam Pilkada 2020.

"Warga negara itu tuh sudah ada yang ngurus prosesnya," tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Orient pun memaparkan alasan dirinya mengikuti Pilkada Sabu Raijua 2020.

"Rencana awal sebagai bupati Sabu Rajua hanya karena sesuai amanat orang tua," ungkapnya.

Sebelumnya, salah satu kerabat Orient, Albert Riwu Kore juga mengungkapkan hal yang sama. Orient pulang ke Indonesia dan mencalonkan diri sebagai bupati karena tuntutan keluarga untuk berbakti pada kampung halaman.

"Bagi orang Sabu ada satu semboyan yakni Mai we di la Hawu yang artinya marilah kita kembali ke Sabu. Itu adalah kalimat untuk mengajak putra-putri asal Sabu yang berhasil di tanah perantauan untuk kembali membangun sabu tanah leluhurnya," jelas Albert pada Kamis (4/1/2021). (*)