Ini Terobosan Yang Dilakukan SMP Al-Ijtihad Kota Tangerang

Kamis, 25 Februari 2021

TANGERANG, PANTAUNEWS.CO.ID - Tidak bisa dipungkiri bahwa di masa pandemi Covid-19, proses pendidikan formal maupun non formal cukup banyak terkendala sehingga mengakibatkan menurunnya kualitas pendidikan khususnya dalam pembentukan sikap atau mentalitas para peserta didik. Tidak sedikit orangtua mengeluhkan pola pendidikan yang dikemas melalui sistem daring.  

Beberapa orangtua menyampaikan kepada awak media pantaunews bahwa sistem belajar di rumah merepotkan karena secara tidak langsung orangtua dipaksa untuk langsung mendampingi anaknya saat proses belajar di rumah.

"Bagi orangtua yang Waktunya luang dan mengerti pelajaran anak-anak mungkin gak kerepotan, tapi bagi mereka yang Waktunya terbatas apalagi kurang mengerti tentang materi yang ditugaskan oleh guru suka bingung saat anak-anak minta didampingi, terlebih di saat mereka bertanya materi yang mereka kurang Pahami," keluh beberapa orangtua. 

Menyikapi kondisi tersebut beberapa sekolah unggulan di Kota Tangerang mencoba mencari alternatif pembelajaran yang efektif dan terarah yang direalisasikan dengan dasar musyawarah mufakat dengan para orangtua murid. 

Salah satunya SMP Al-Ijtihad Kota Tangerang, demi menjaga hubungan emosional yang baik serta interaksi positif antara guru dan murid, SMP Al-Ijtihad Kota Tangerang mengembangkan sistem pembelajaran dengan bertatap muka langsung (Sistem Zoom) yang Sebelumnya sudah dimusyawarahkan dengan orangtua murid.

Saat ditemui di ruang kerja, Kepala Sekolah SMP AL-Ijtihad Kota Tangerang menyampaikan bahwa tujuan diterapkannya sistem pembelajaran bertatap muka secara langsung (Zoom) diantaranya untuk menjaga hubungan emosional melalui interaksi secara langsung antara guru dan murid. Selain itu para siswa/i akan merasakan bagaimana indahnya proses pendidikan Walau tidak harus berangkat ke sekolah maka dengan demikian semangat belajar atau berprestasi peserta didik tetap terjaga," tutur Ustadz Rukyat, S.PdI Kepada awak media pantaunews.

Apa yang sudah direalisasikan oleh SMP Al-Ijtihad tentunya di respon positif dikalangan para pemerhati pendidikan Kota Tangerang

"Kami sangat mengapresiasi terhadap terobosan-terobosan yang dilakukan SMP AL-Ijtihad khususnya di saat masa pandemi seperti ini, hal lain yang perlu juga diapresiasi adalah capaian prestasi yang luar biasa diantaranya juara satu Pencak Silat Asia-Eropa yang diadakan di Kota Bandung, juara FLS2N se-Kota Tangerang, juara terbaik Penggalang se-Kota Tangerang, juara Olimpiade Siswa Nasional Cabang Olahraga Catur se-Kota Tangerang dan lain-lain," tutur salah seorang pemerhati pendidikan di Kota Tangerang. (*)

Penulis: Asep WW/Royani