Mengisi Kekosongan Pimpinan Daerah, Irwandi Ditunjuk Plh Bupati Tanah Datar

Jumat, 19 Februari 2021

TANAHDATAR, PANTAUNEWS.CO.ID – Sesuai dengan radiogram Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Sekretaris Daerah Irwandi ditunjuk sebagai Plh. Bupati Kabupaten Tanah Datar sampai bupati dan wakil bupati terpilih dilantik.

Sebagaimans jabatan Bupati Tanah Datar pada periode 2016-2021 telah berakhir, namun pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih hasil pilkada 9 Desember 2020 belum dapat dilaksanakan serta menunggu instruksi selanjutnya dari pihak pemerintah provinsi dan pemerintah pusat. 

"Untuk itu, sesuai aturan perundang-undangan mengenai jabatan pimpinan daerah dilaksanakan oleh Sekretaris Daerah selaku pelaksana harian, sebagaimana sesuai radiogram yang dikirimkan Plh. Gubernur Sumatera Barat nomor T.120/86/PEM-2021 tanggal 15 Februari 2021,” ungkap Irwandi mengawali sambutan saat serah terima 
jabatan Bupati Tanah Datar Periode 2016-2021 di Gedung Nasional, Rabu (17/2/2021).

Selanjutnya Irwandi berharap proses pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Tanah datar periode 2021-2026 agar segera dilaksanakan dengan lancar, agar tidak menggangu mekanisme pemerintahan, karena selaku pelaksana harian, banyak tugas dan kewenangan yang tidak dapat dilakukan sepenuhnya sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku. 

Sementara menunggu waktu tersebut, pemerintah daerah tetap bekerja menjalankan program dan kegiatan yang telah dirancang sesuai aturan yang berlaku.

"Belum dilantiknya bupati dan wakil bupati terpilih bukan berarti menghambat dan menghentikan roda pemerintahan serta mohon dukungan dan kerja sama forkompinda, ASN, insan pers, dan seluruh masyarakat Kabupaten Tanah Datar,” sampainya lagi.

Berakhirnya masa jabatan bupati, Irwandi sampai terima kasih atas pengabdian dan dedikasi Almarhum Bapak Irdinansyah Tarmizi dan Bapak Zuldafri Darma. 

“Kami atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih atas pengabadian dan dedikasi untuk pembangunan Tanah Datar dalam periode 2016-2021 di bawah kepemimpinan Almarhum Bapak Irdinansyah Tarmizi dan Bapak Zuldafri Darma, mudah-mudahan dicatat sebagai amal ibadah di sisi-Nya,” tuturnya didepan Bupati sisa masa jabatan 2016-2021 Zuldafri Darma.

Penulis: Aprio Basril