Mobil Presiden Jokowi yang Terjang Banjir di Kalsel Jadi Buruan di AS

Ahad, 07 Februari 2021

JAKARTA, PANTAUNEWS.CO.ID - Mobil yang ditumpangi Presiden Jokowi saat menerjang banjir di Kalimantan Selatan saat ini sedang booming di Amerika Serikat. Penjualannya meningkat hingga lebih dari 100 persen dari tahun sebelumnya.

Seperti diketahui saat meninjau lokasi banjir, Jokowi berada di dalam mobil Toyota Land Cruiser pada Senin (19/1) lalu.

Nasib Toyota Land Cruiser di wilayah Amerika Serikat kini sedang bagus-bagusnya. Dikutip Carbuzz, Minggu (7/2/2021) penjualan Land Cruiser bulan Januari 2021 adalah yang tertinggi dalam satu dekade, dengan berhasil mengirim sebanyak 689 unit ke tangan konsumen.

Kedengarannya mungkin tidak banyak, tapi penjualan ini mengalami peningkatan 221 persen dari Januari 2020. Bulan tertinggi kedua adalah Desember 2020 dengan 606 unit.

Usut punya usut, meningkatnya penjualan SUV mewah pabrikan asal Jepang ini di AS lantaran kabar setop penjualan Land Cruiser pada 2022.

"Ini berkaitan pengumuman kami bahwa kami menghentikan penjualan Land Cruiser di AS setelah model tahun ini (2021)," bunyi pernyataan Toyota kepada Carbuzz, Minggu (7/2/2021).

Memang kabar Toyota bakal 'menyuntik mati' Sport Utility Vehicle (SUV) ikonik di Amerika Serikat ini sudah berhembus pada 28 Desember 2020 lalu. Kabar burungnya bakal dirilis Toyota Tundra sebagai pengganti saudara tuanya tersebut.

Pada 2019, Toyota menjual 3.536 Land Cruise di AS, yang mewakili peningkatan penjualan 9,7 persen selama 2018. Walaupun naik, itu kontribusi yang kecil untuk merek yang bisa menjual jutaan kendaraan setiap tahunnya.

Namun dugaan sementara, Land Cruiser akan kembali datang dengan membawa sejumlah perubahan signifikan di masa yang akan datang.

Ini sempat dilakukan Toyota pada mobil lain, sempat berhenti memproduksi mobil sport Supra sejak 2002. Lalu pada 2019, perusahaan merilis model barunya dan menjualnya ke berbagai negara termasuk Indonesia. Contoh lain, Venza, yang berhenti diproduksi pada 2015 dan kemungkinan akan kembali dipasarkan tahun depan.

Regenerasi pun mulai berhembus dari Jepang oleh Best Car Web. Generasi terbaru Toyota Land Cruiser dikatakan akan meluncur dengan mesin yang lebih ramah lingkungan. Di balik kapnya generasi baru Toyota Land Cruiser bakal mengusung powertrain hybrid. Karena hybrid, mesin V8 4.6 liter akan digantikan oleh mesin V6 Hybrid 3.5 liter. Namun, belum ada kabar untuk mesin 5.7 liter yang ada di pasar Amerika Serikat akan menjadi hybrid pula.

Di Indonesia Land Cruiser menjadi salah satu model premium yang dipasarkan Toyota dengan harga di atas Rp 2 miliar. Sementara untuk penjualan, menurut data Gaikindo, sepanjang Januari-November 2020 ini, TAM sudah mengimpor Land Cruiser sebanyak 230 unit dari Jepang. (*)