Muspika Periuk Bersama Seluruh Elemen Masyarakat Gelar Giat Bersih Pasca Banjir

Ahad, 28 Februari 2021

TANGERANG, PANTAUNEWS.CO.ID - Muspika Kecamatan Periuk, Kota Tangerang bersinergi bersama dengan seluruh elemen masyarakat mengadakan giat bersih-bersih pasca banjir, yakni membersihkan lingkungan masyarakat yang wilayahnya terdampak banjir, pada hari Sabtu (27/2/2021) yang dimulai pukul 07.00 WIB, diikuti oleh TNI, POLRI, Dinas terkait, OKP, ormas dan seluruh elemen masyarakat di Kecamatan Periuk.

Menurut Camat Periuk H Maryono, AP. M. Si bahwasanya kegitan kerja bakti massal bersama TNI/POLRI, OKP, Ormas dan dinas terkait, ada dinas lingkungan hidup, PUPR dan dinas kesehatan, semuanya untuk membantu masyarakat dalam penanganan pasca banjir, semoga apa yang kita lakukan, walaupun sedikit, mudah - mudahan bisa membantu kenyamanan masyarakat yang terdampak banjir yang saat ini masih ada yang tinggal ditenda pengungsian.

Ditambahkan oleh Camat Periuk bahwa untuk giat bersih ini ada 3 titik lokasi, yakni di Perumahan Periuk Damai RW 08 Kelurahan Periuk, RW 22 dan 25 perumahan Garden City, Kelurahan Gebang Raya dan di Kelurahan Gembor, yakni di RW 07 dan 08 perumahan Total Persada Raya.

"Upaya yang kami lakukan untuk penanganan masalah banjir ini, kami bersama dinas terkait dan pak walikota sudah pernah juga berkunjung ke kita dan membahas penanganan banjir dan untuk menentukan solusi, bagaimana banjir diwilayah Periuk ini bisa diatasi, yakni kedepannya kita akan melanjutkan pembangunan tanggul disepanjang kali Ledug dan situ Bulakan," kata H Maryono.

Camat Periuk juga menghimbau kepada masyarakat, agar tetap waspada, karena musim penghujan ini, curah hujannya masih tinggi dan kedepannya untuk penanganan masalah banjir, kita berusaha agar dapat kita atasi secepatnya. 

Menurut Ketua PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Periuk Tono Darusalam bahwa untuk menyikapi masalah pasca banjir ini, sudah sepakat dengan Pemerintah, TNI/POLRI, OKP dan Ormas, untuk bergerak membantu masyarakat yang terdampak banjir. 

"Saya sangat setuju, karena untuk kepentingan masyarakat yang memang membutuhkan tenaga kita semua, adapun untuk TNI, POLRI dan rekan - rekan ormas yang lain, memang sudah menunggu untuk membantu masyarakat," ujar Tono.

Ditambahkannya lagi dari awal banjir, sudah sigap bersama rekan-rekan ormas yang lain untuk memberikan bantuan dan sampai pasca banjirpun sudah menyiapkan untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir. 

Terkait masih terjadinya banjir, Pemerintah sebenarnya bukan tidak memikirkan soal ini, tapi semua ini kembali kondisi cuaca seperti ini, tidak bisa dipungkiri, masih akan terjadi banjir. 

"Intinya masyarakat harus bersabar, jadi jangan saling menyalahkan dengan adanya banjir ini dan kami juga menghimbau kepada masyarakat, agar selalu menjaga kebersihan, jangan buang sampah sembarangan dan memeriksa tanggul - tanggul yang kondisinya sudah mulai menua dan itu harus diantisipasi sejak dini,  karena memang itu permasalahan yang terjadi, yakni, kebocoran tanggul yang masih sering terjadi, sehingga mengakibatkan banjir," pungkas Ketua PP PAC Periuk ini. (*)

Penulis: Soleh