Pemkab Manggarai Timur Beri Bantuan Darurat Bencana Alam Tahap Kedua

Rabu, 10 Februari 2021

MANGGARAI TIMUR, PANTAUNEWS.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur (Pemkab Matim) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memberikan bantuan darurat tahap kedua kepada sejumlah warga, korban bencana alam di Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada hari Selasa (9/2/2021).

Demikian rilis yang disampaikan Sekcam Lamba Leda, Agus Supratman, yang diterima wartawan media ini melalui pesan WhatsApp (WA), Selasa (9/2/2021) malam.

Dikatakannya, bantuan tersebut merupakan bantuan darurat tahap kedua berupa beras untuk warga Kecamatan Lamba Leda yang terdampak bencana alam seperti banjir bandang, tanah longsor, dan angin puting beliung yang terjadi di wilayah itu belum lama ini.

Bantuan darurat berupa beras tersebut diserahkan langsung oleh Asisten Administrasi Ekonomi dan Pembangunan Sekda Manggarai Timur, Mikael Jaur, kepada 24 orang korban bencana tersebut, yakni 19 orang, warga Kampung Wantal, 4 orang, warga Kampung Laci, 1 orang, warga Kampung Rana Dakang, Desa Compang Mekar.

Penyerahan bantuan itu, lanjut Agus, dilakukan di Kantor Desa Compang Mekar, pada hari Selasa (9/2/2021) siang, dan dihadiri oleh Camat Lamba Leda, Albertus Rangkak, Babinsa Lamba Leda, Serma Muktar, Sekcam Lamba Leda, Agus Supratman, serta perangkat BPD Desa Compang Mekar. 

Lebih lanjut, Agus mengatakan, dalam sambutan singkatnya, Mikael Jaur menyampaikan, bahwa bantuan yang diberikan sifatnya hanya darurat. Materi bantuan pun tentunya tidak mengakomodir seluruh derita dan kerugian yang dialami para korban. 

Warga diharap agar memaklumi kondisi yang ada. Pemerintah tentu akan terus berpikir dan berupaya menjawab kebutuhan para korban bencana kedepannya, sesuai nilai tingkatan kerugian akibat bencana yang dialami.

Agus, dalam rilisnya juga menceritakan, bahwa Camat Lamba Leda, Albertus Rangkak, yang turut hadir pada saat itu, mengucapkan terimakasih kepada Pemda Manggarai Timur atas bantuan darurat yang telah diberikan kepada warganya yang terdampak bencana tanah longsor, banjir bandang dan rumah yang diterjang angin puting beliung serta tertimpa pohon.

"Terimakasih kepada Pemda Matim atas bantuan darurat yang telah diberikan kepada warga Lamba Leda yang terdampak bencana tanah longsor, banjir bandang dan rumah yang diterjang angin puting beliung serta tertimpa pohon," kata Camat Lamba Leda itu mengakhiri sambutannya.

Pada kesempatan yang sama, kata Agus, perwakilan penerima bantuan, Agustina Mariani Raman menyampaikan ucapan terimakasih dan merasa sangat senang atas bantuan darurat yang diberikan Pemkab Manggarai Timur bagi para korban bencana alam. (*)

Penulis: Richard Bon