Penangkapan Dua Harimau Eka dan Tora Singka Zoo Berjalan Dramastis

Ahad, 07 Februari 2021

SINGKAWANG, PANTAUNEWS.CO.ID - Proses pencarian kedua Harimau yang lepas dari Sinka Zoo melibatkan petugas gabungan TNI, Polri, BKSDA Provinsi Kalbar dan BKSDA Singkawang. 

Proses berlangsung selama hampir 24 jam tersebut cukup dramatis. Akhirnya, jerih lelah petugas akhirnya membuahkan hasil.
Harimau berwarna orange bernama Eka ini, pertama kali ditemukan dan terpaksa dilumpuhkan dengan tembakan peluru tajam setelah proses pembiusan tidak mempan adan membahayakan petugas.

Sedangkan, Harimau yang satu lagi bernama Tora, saat penangkapan Eka (Harimau) berlangsung, di ketahui masih berada disekitar Sinka Zoo. Akhirnya, berhasil ditangkap oleh petugas gabungan, Sabtu sore sekitar pukul 17.30 WIB. Setelah sehari penuh melakukan pencarian, akhirnya Tora juga berhasil dilumpuhkan dengan obat bius.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat, Sadtata Noor Adirahmanta menyampaikan, tim gabungan memang terpaksa melumpuhkan satu harimau dengan peluru tajam karena membahayakan personel di lapangan .

"Usai penembakan, petugas harus menunggu selama 20 menit hingga Tora yang sudah dalam keadaan tertembak biusbenar-benar pingsan. Baru kemudian dimasukan kedalam jaring oleh petugas untuk tindakan pengamanan dan mengantisipasi hal yang tidak diinginkan." kata Kepala BKSDA Kalimantan Barat.

Dalam proses pencarian, petugas juga mengerahkan drone untuk memantau dan mencari keberadaan Tora. Singkawang, Sabtu (6/2/2021). (*)

Penulis: Ef Vicky