Seorang Anak Tenggelam di Pantai Ampalu Pariaman, Korban Ditemukan di Naras

Senin, 22 Februari 2021

PARIAMAN, PANTAUNEWS.CO.ID - Rian Aulia Agung (10), korban tenggelam di Pantai Pasir Ampalu, Kecamatan Pariaman Utara, Pariaman, akhirnya ditemukan terapung dalam keadaan meninggal dunia di pantai Desa Balai Naras, sekira pukul 07.30 WIB, Senin (22/2/2021).

Korban yang merupakan siswa Sekolah Dasar Negeri 15 Ampalu, diyakini terseret ombak hingga ke Pantai Naras, ditemukan oleh pemuda yang hendak memancing di sekitar pantai. Lokasi penemuan berjarak 3 KM dari tempat korban tenggelam.

Kala berjalan menyusuri bibir pantai untuk mencari spot mancing, pemuda tersebut melihat ada mayat mengapung yang kemudian diketahui adalah jasad Rian.

Warga pun berinisiatif menghubungi Tim BPBD mengenai penemuan tersebut. Dengan sigap, tim yang sejak tadi malam menyusuri pantai menggunakan kapal guna mencari korban langsung bergegas ke lokasi penemuan untuk evakuasi jasad Rian.

Begitu tiba di pantai Pasir Ampalu, jasad Rian langsung disambut ayahnya dan kemudian di bawa pulang ke rumah untuk disemayamkan.

Syafriadi Azmar, paman Rian mengucapkan Alhamdulillah, Senin pagi jasad Rian sudah ditemukan, pihak keluarga mengaku ikhlas atas kepergian keponakan ini. "Sehingga jenazah tidak sempat dibawa ke rumah sakit melainkan langsung ke rumah duka untuk disemayamkan dan selanjutnya dikuburkan," sebutnya.

Menurut Syafriadi Azmar, awalnya pada Minggu sore, Rian bersama 4 orang kerabatnya mandi-mandi di pantai Pasir Ampalu, namun karena arus ombak yang kuat, membuat Rian terseret ombak bersama dua orang kerabatnya.

"Beruntung, kedua kerabat korban terselamatkan saat teriakan mintak tolong oleh kerabatnya yang masih berada di pinggir pantai, sehingga membuat beberapa pemuda disekitar lokasi yang tengah bermain bola berhamburan membantu evakuasi, namun Rian dalam hitungan detik terseret langsung arah ke tengah dan tak bisa terselamatkan," ujar Syafriadi.

Walikota Pariaman Genius Umar, yang mengetahui bahwa jasad sudah ditemukan sampaikan duka mendalam atas meninggalnya Rian tersebut.

"Semoga arwah almarhum diterima disisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan oleh Allah SWT, " ujar Genius ketika mendapat laporan.

Rencananya jenazah Rian akan dikebumikan Senin siang ini Pemakaman Umum Muslim Desa Pauh Barat.

Pencaharian korban hilang tersebut dilakukan oleh tim TRC BPBD Kota Pariaman bersama gabungan TNI-POLRI, Dishub dan Satpol PP, serta nelayan dan masyarakat setempat dipantau langsung Walikota Pariaman Genius Umar, didampingi istri Ny. Lucy Genius hingga Minggu malam. (*)