Andi Qadri: Fokus Pada Pembangunan Ekonomi dan Penguatan UMKM

Rabu, 10 Maret 2021

DUMAI, PANTAUNEWS.CO.ID - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Dumai menyoroti pembangunan Kota Dumai pasca melewati kondisi kritis Covid-19 selama lebih kurang 1 tahun terakhir, pasalnya selama bertahan melawan ganasnya wabah Covid-19, Kota Dumai dan bahkan dunia international sekalipun dihadapkan pada kondisi krisis dalam berbagai sektor, baik sektor ekonomi, pendidikan, sosial dan kesehatan.

Banyak sekali hal yang saat ini telah berubah, setelah Pemerintahan Presiden Joko Widodo menetapkan status New Normal di barbagai daerah termasuk Kota Dumai. Dalam hal ini Andi Qadri selaku Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Dumai menyoroti Pembangunan Kota Dumai pasca disahkannya APBD tahun Anggaran 2021 pada waktu yang lalu dalam sektor Ekonomi.

Andi Qadri menjelaskan bahwa "Sebagai bagian dari daerah terpapar yang pernah menjadi korban wabah Covid-19, kita harus benar-benar memikirkan langkah yang tepat untuk mengembalikan kondisi ekonomi, kesehatan, pendidikan dan sosial di Kota Dumai, namun yang ingin kami Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Dumai soroti kali ini adalah dalam sektor ekonomi, karna pasca ditetapkannya PSBB beberapa waktu yang lalu di Kota Dumai, sektor ekonomi merupakan salah satu sektor yang paling terdampak, mengingat masyarakat harus menghentikan segala kegiatan ekonomi yang merupakan bagian dari keberlangsungan kehidupan mereka sehari hari".

Andi menambahkan "Salah satu contoh ialah gejolak yang pernah di lakukan oleh masyarakat saat pemberlakuan PSBB yang mengganggu aktivitas ekonomi di Kota Dumai, dan banyak contoh lain, hal ini membuktikan bahwa sektor ekonomi merupakan sektor yang harusnya menjadi bagian dari Fokus pemerintah kota Dumai dalam menggunakan Anggaran APBD 2021 dengan Cara Penguatan UMKM".

" Ditahun 2021 ini APBD yang di tetapkan untuk kota Dumai adalah sekitar 1,233 Triliun, lebih besar dari pada APBD tahun lalu yang hanya berkisar 1,175 Triliun, sehingga Pemerintah Kota Dumai harus betul-betul memaksimalkan APBD kota Dumai ditahun ini untuk memperbaiki Ekonomi  Masyarakat dan sektor sektor lain tentunya, yang jelas tepat sasaran," tutup Andi.

Ari Susanto selaku Kabid Partisipasi Pembangunan Daerah ( PPD ) HMI cabang Dumai juga menambahkan " Apalagi saat ini masih dalam kondisi Pandemi Covid-19, kita butuh langkah langkah yang tepat untuk menangani kondisi ini, dalam mengembalikan stabilitas keberlangsungan kehidupan di kota Dumai, saya sangat berharap anggaran tersebut dapat betul-betul di gunakan dalam membangun kembali kehidupan bermasyarakat di kota Dumai". (rls)