Bupati Manggarai Barat Marah Saat Sidak di Beberapa Kantor OPD

Selasa, 02 Maret 2021

MANGGARAI BARAT, PANTAUNEWS.CO.ID - Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi yang baru dilantik pada Jumaat 26 Februari 2021 lalu sangat marah saat melakukan inspeksi mendadak (Sidak) pada Senin (1/3/2021) di sejumlah kantor dinas di lingkup Pemda Manggarai Barat, Propinsi Nusa Tenggara Timur.

Dalam kunjungan awal ke sejumlah instansi tersebut, bupati Edistasius Endi menemukan sejumlah hal aneh yang membuatnya sangat marah, dimana banyak pegawai kantor organisasi perangkat daerah (OPD) yang tidak disiplin dan malas dalam melaksanakan tugas. 

Selain itu ia  menemukan kondisi lingkungan sekitar kantor dinas yang sangat kotor dan jorok.

Mantan ketua DPRD Mabar itu mengatakan bahwa bagi yang tidak disiplin dan malas dalam melaksanakan tugasnya akan dirumahkan.

"Kedisplinan sangat buruk. Buruk sekali. Kita akan rapat dan yang malas akan dirumahkan," kata Bupati yang baru dipilih itu kepada sejumlah awak media di depan halaman kantor Bupati Manggarai Barat.

Lebih lanjut, Bupati yang baru dilantik itu mengatakan bahwa saat ini keadaan keuangan daerah termasuk keuangan negara, sangat memperihatinkan. Oleh sebab itu, salah satu solusi bagi pegawai yang malas akan dirumahkan.

Terpisah, saat sidak ke kantor Dinas Kesehatan, Bupati Manggarai Barat menyampaikan beberapa hal terkait musuh bersama birokrasi saat ini yaitu masalah Covid-19.

"Musuh pertama kita saat ini adalah Covid-19. Dinas kesehatan menjadi garda terdepan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19," jelasnya.

Kedua, rendahnya etos kerja, kerja sesuka hati dan tidak disiplin. "Banyak pegawai yang terlambat ke kantor," katanya.

"Bagaimana kualitas kerja bisa baik jika kita tidak disiplin?. Ini menjadi catatan penting. Ini salah satu musuh yang harus kita lawan," tegas bupati Edistasius Endi di hadapan para pegawai.

Dia juga kian marah ketika melihat kondisi lingkungan sekitar kantor dinas yang sangat kotor dan jorok. 

"Kalau soal jorok, kantor kalian sangat jorok. Bagaimana kita bisa meyakinkan masyarakat bahwa ini destinasi super premium sedangkan lingkungan dinas kita sudah tidak bersih," tegas Politisi Nasdem itu.

Untuk diketahui bahwa Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi melakukan sidak ke sejumlah kantor dinas di hari pertama beliau menjalankan tugas kepemerintahannya sebagai Bupati Kabupaten Manggarai Barat.

Tempat yang menjadi sasaran kunjunagan perdana bupati yang kerap disapa Endi Endi itu yakni kantor dinas Perumahan Rakyat, Pemukiman dan Pertanahan, kantor Dinas Kesehatan. (*)

Penulis: Richard Bon