Eksistensi Komunitas Burung Kolong APACe Saat Pandemi

Selasa, 09 Maret 2021

TANGERANG, PANTAUNEWS.CO.ID - Burung merpati atau burung dara merupakan jenis burung yang tergolong cerdas dan mempunyai intelegensi yang kuat terhadap manusia, dikarenakan burung ini punya daya endus yang tajam dan sebagai hewan yang setia terhadap pasangannya. Hal tersebut terlihat saat bang Tile, panggilan akrab di Komunitas Burung Kolong sedang memperagakan burung merpati yang sedang dikibaskan sayapnya dan pasangannya langsung menghampiri. 

Ada beberapa jenis burung yang selalu dilatihnya, setiap 3 hari dalam seminggu dan dalam hal perawatan memerlukan ketelitian dan kesabaran. Karena untuk menghasilkan burung yang piawai harus dari anak hingga dewasa sekitar umur 1 tahun itu lebih mudah dibandingkan dengan melatih yang sudah dewasa, karena kedekatannya kurang akrab dengan si pelatih.

Komunitas Burung Kolong yang suka pentas ini, hanya sekedar hobbi dan mencari banyak teman dan komunitas ini sudah berkembang dari tingkat kelurahan sampai tingkat nasional, tapi dimasa pandemi ini, kegiatan pentas jarang dilakukan karena kondisinya kurang memungkinkan.

"Semoga pandemi cepat berakhir, karena rindu akan kepiawaian burung dara saat dipentas dengan ketinggian 1000 meter terbang melayang dan menukik kebawah diarena pentas," harap Tile.

"Saya dan teman-teman di Komunitas Burung Kolong APACe (Anak Pabuaran Cimone) senang didatangi awak media, karena bisa menyapa teman-teman di daerah lain sesama komunitas burung kolong ini", tutur Tile mengakhiri perbincangannya. (*)

Penulis: Royani/Asep WW