Jelang Sidang Putusan di MK, Polres Inhu Gelar Apel Siaga

Kamis, 18 Maret 2021

INDRAGIRI HULU, PANTAUNEWS.CO.ID - Guna mengantisipasi berbagai kemungkinan yang akan terjadi saat sidang putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Inhu tahun 2020, Polres Inhu Polda Riau menggelar apel siaga pasukan.

Apel gelar pasukan di pimpin Kapolres Inhu AKBP Efrizal, perwira apel Kabag Ops Kompol Suratman, komandan apel Ipda AL Nainggolan di laksanakan di halaman Mako Polres Inhu, Kamis (18/3/2021).

Dalam sambutannya, Efrizal menyatakan beberapa pesan penting dan penekanan untuk langkah antisipasi menghadapi putusan sidang Mahkamah Konstitusi (MK) RI di Jakarta, terkait sengketa Pilkada Inhu tahun 2020.

"Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Inhu untuk menerima dengan lapang dada apapun nantinya putusan di MK tersebut," pesan Efrizal.

Efrizal menambahkan, kepada personel Polres Inhu dan aparatur lainnya untuk dapat mensosialisasikan kepada masyarakat agar jangan mudah terprovokasi berita bohong atau hoax yang memecah belah persatuan dan kesatuan, khususnya di wilayah Kabupaten Inhu.

"Saya mengajak kepada seluruh masyarakat agar tidak melakukan hal-hal yang sifatnya bertentangan dengan hukum pasca putusan MK. Selain itu pula saya mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan di setiap kegiatan yang dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19," tukasnya.

Diketahui apel gelar pasukan di hadiri Plh. Bupati Kabupaten Inhu Hendrizal, Ketua Bawaslu Inhu Dedi Risanto, Ketua KPU Inhu Yenni Mairida, Wakil Ketua DPRD Inhu Suwardi Ritonga, Kasdim 0302 Inhu Mayor Inf. S. Nababan, perwakilan Kejaksaan Negeri Rengat, Ketua MPC Pemuda Pancasila Inhu Indra T, Ketua DPC Laskar Merah Putih Inhu Mardi dan Ketua DPD Ikatan Pemuda Karya Inhu S Marbun.

Peserta apel terdiri dari 1 pleton Pamen, 1 pleton Pama Polres Inhu, 1 pleton TNI, 1 pleton Brimob, 1 pleton Sabhara Polres Inhu, 1 pleton gabungan staf, 1 pleton Sat Lantas, 1 pleton gabungan Sat Resintel Narkoba, 1 pleton Satpol PP dan 1 pleton Ormas.

Di sebutkan, untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi khususnya perkiraan adanya gangguan Kamtibmas, Polres Inhu menurunkan kekuatan personel gabungan sebanyak 535 orang.

Dengan rincian, personel Polres Inhu 2/3 kekuatan atau 355 personel, Kodim 0302/Inhu 30 personel, BKO Polda Riau 90 personel terdiri dari Brimob 30 personel, personel Polda Riau 30 orang, personel Polres Tembilahan 30 personel dan Satpol PP Inhu 60 personel. (*)

Penulis: Yuswanto