Lahan Warga Seluas 4 Hektar Terbakar

Ahad, 14 Maret 2021

INDRAGIRI HULU, PANTAUNEWS.COID - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) milik warga kembali terjadi di Kabupaten Inhu, Riau. Kali ini lahan seluas 4 hektar milik warga terbakar. Lahan berupa gambut dan semak belukar dan juga kebun kelapa sawit milik masyarakat yang terbakar itu berada di Kelurahan Sekip Hilir, Kecamatan Rengat sejak Sabtu (13/3/2021).

Kepala Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Inhu, Ergusfian kepada media ini, Minggu (14/3/2021) mengatakan, peristiwa Karhutla terjadi pada Sabtu 13 Maret 2021 siang dan berdasarkan laporan dari masyarakat.

"Sejak Sabtu kemarin Tim Terpadu Karhutla telah melakukan pemadaman dan pendinginan di lokasi. Pada hari ini api sudah dapat di kendalikan dan hanya tinggal pendinginan. Karena masih ada sisa-sisa yang mengeluarkan asap," terang Ergusfian.

Ergusfian menambahkan, sampai saat ini tim terpadu Karhutla masih berjibaku melakukan pemadaman dan pendinginan di lokasi.

Sedikitnya ada 30 personel dari personel KPBD Inhu yang di bagi menjadi 2 regu, yang pimpin Ergusfian selaku Kepala Pelaksana.

Serta di bantu 35 personel Polres Inhu yang di pimpin Kabag Ops Kompol Suratman, TNI 6 personel yang di pimpin Danramil 01/Rengat Kapten Inf Ardiyasman, Manggala Agni 13 personel, Satpol PP 7 personel, Bagana Inhu 1 personel dan masyarakat sekitar.

Adapun sarana pendukung, antara lain 1 unit mobil angkut Manggala Agni, 3 unit mini striker Polres Inhu, 2 unit mobil double cabin, 6 unit kenderaan roda dua dan 4 unit mesin. (*)

Penulis: Yuswanto