Masa Pandemi Covid-19, SDN Bunder IV Cikupa Tetap Berprestasi

Rabu, 17 Maret 2021

Kepala Sekolah SDN Bunder IV, Mirhan S. Pd

TANGERANG, PANTAUNEWS.CO.ID - Kebijakan pemerintah dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dimasa pandemi, yakni menggunakan sistem daring dengan segala kelebihan dan kekurangannya disikapi beragam oleh para pendidik.

Seperti halnya kepala sekolah di Kabupaten Tangerang yang menjalankan sistem daring, dengan adanya kendala yang diakibatkan keterbatasan dari kondisi orangtua siswa, yang terkena imbas atau dampak pandemi sehingga siswa tersebut tidak dapat mengikuti  kegiatan belajar dengan sistem daring.

Seperti yang dituturkan Kepala Sekolah SDN Bunder IV Mirhan, S.Pd saat dijumpai awak media pantaunews pada hari Senin (15/3/2021) mengatakan bahwa sistem daring ini kiranya sama kendalanya dengan sekolah lain, seperti antara guru dengan siswa tidak bisa bertatap muka, sehingga tidak ada kedekatan antara guru dengan siswa yang mengakibatkan para guru kurang memahami karakter dan tingkat kemampuan siswa dalam memahami tugas yang diberikan. 

"Kemudian yang manjadi kendala dengan sistem daring ini, yaitu adanya orangtua siswa yang tidak memiliki handphone android atau orangtua siswa hanya memiliki satu telepon seluler dan itupun dibawa pada saat orangtuanya beke?ja sehingga siswa bingung untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh gurunya," ujar Mirhan. 

"Untuk mengantisipasi kendala tersebut, kami telah menyiapkan 'printout' di sekolah untuk siswa yang terkendala dengan keterbatasan alat komunikasi. Dengan datang ke sekolah untuk mengambil tugas yang diberikan oleh gurunya masing-masing dan kami pun memahami kondisi yang dialami para orang tua siswa, untuk itu kami telah membuat solusi agar para siswa dapat mengerjakan tugas-tugas sekolah yang di berikan oleh gurunya", tambah Mirhan.

Adapun kelebihan dari sistem daring ini, para orangtua jadi lebih paham tentang tekhnologi komunikasi (hp android) yang mungkin selama ini belum mengerti cara penggunaan hp android. Kemudian, sistem daring ini memudahkan siswa dalam mengerjakan tugas sekolah karena didampingi oleh orangtuanya, keluarganya atau bisa bertanya kepada orang terdekat saat menerima tugas yang diberikan.

"Alhamdulillah saat ini para siswa di sekolah kami sudah dapat memahami tugas sekolah yang kami berikan dan pencapaian prestasi siswa kami terlihat sudah baik dan sesuai yang kami harapkan, walaupun terkadang masih ada saja orang tua siswa yang masih mengeluhkan sistem daring ini dan hal tersebut masih bisa kami tangani dengan sabar untuk memberikan pengertian tentang sistem daring," imbuh Mirhan.

"Semoga kondisi pandemi ini segera berakhir dan kami bisa kembali melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan normal dan kami harapkan juga para siswa SDN Bunder IV, khususnya para siswa kelas 6 (enam) yang sebentar lagi akan melaksanakan ujian. Walaupun dimasa pandemi, kami ingin agar para siswa bisa tetap berprestasi," tutup kepala sekolah yang santun ini. (*)


Penulis: Soleh/Akbar