Pelantikan Penguru HIPMA SN Periode 2021-2023 Berlangsung dengan Khidmat

Senin, 22 Maret 2021

SOLOK, PANTAUNEWS.CO.ID - Pelantikan pengurus Himpunan Pemuda Mahasiswa Sungai Nanam (HIPMA SN) kepengurusan periode 2021-2023 resmi digelar bertempat di depan Kantor Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) Sungai Nanam, Ahad (21/3/2021).

Dalam acara pelantikan yang bertema “Melahirkan Pemuda dan Mahasiswa yang Berkarakter Sebagai Parik Paga dalam Nagari” dihadiri sekitar 50 Orang yaitu terdiri dari Pemerintahan Nagari, Kerapatan Adat Nagari (KAN), Badan Permusyawaratan Nagari (BPN), Pemuda Muhammadiyah Kecamatan Lembah Gumanti, Ikatan Mahasiswa Sungai Nanam Barat (IMSB KP) serta organisasi kepemudaan lainnya.

Prosesi pelantikan berlangsung sederhana. Sesuai protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Terlihat pengurus yang dilantik tampak menggunakan masker, menjaga jarak masing-masing sekitar satu meter.

60 menit mengiringi proses pelantikan. Cukup singkat dan khidmat. Diawali dari serah terima jabatan, kemudian upacara pengambilan sumpah pengurus dan penandatanganan berita acara pelantikan. Tak ada jabat tangan, semua hanya menggunakan isyarat dari jarak aman sesuai protokol kesehatan.

Ketua umum terpilih Dio Zemi Nopembra dalam sambutannya mengatakan, HIPMA SN merupakan sebuah wadah kekeluargaan, dan tempat pengabdian mahasiswa, pemuda dan nagari.

“Sebagai organisasi yang telah 7 tahun berdiri, mari kita sama-sama capai cita-cita pendiri organisasi ini untuk memberikan kontribusi bagi daerah tercinta ini,” ungkapnya

Selain itu Dr. Bahktiar, M.Ag sebagai pembina Himpunan Pemuda dan Mahasiswa Sungai Nanam juga mengatakan bahwa HIPMA SN perlu perhatian lebih dari pemerintah Nagari, tokoh masyarakat dan para senior di Nagari Sungai Nanam. Karena menurutnya mahasiswa Sungai Nanam  memiliki potensi yang luar biasa, yang dapat dikembangkan.

“Kita memiliki banyak potensi luar biasa. Jika ada perhatian lebih maka potensi tersebut tentunya dapat dibangun dan dikembangkan untuk daerah,

"Harapan kami sebagai pemerintahan nagari,kepengurusan ini dapat berjalan sebagaiman tema yang kita usung dan dicita-citakan,” jelas Delfi sebagai Wali Sagari Sungai Nanam.

Sementara itu, ketua umum HIPMA SN periode 2018-2020, Egi Durahman  mengucapkan selamat kepada pengurus HIPMA SN yang baru saja dilantik.

Dengan harapan agar dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya dan belajar untuk bertanggung jawab sesuai dengan tugas masing-masing.

“Kepada pengurus HIPMA SN yang telah purna tugas, kami mengucapkan terimakasih atas kepengurusannya selama dua tahun, dan berharap agar dapat memberikan bimbingan kepada pengurus yang baru,” ucapnya

Dalam sambutannya, Egi kembali ingatkan agar HIPMA SN bisa memberdayakan potensi yang ada dinagari melalui diskusi dan gerakan nyata dimasyarakat. Sebagai organisasi yg bergerak di bidang pemberdayaan dan pengabdian, pelayanan utama yg dibutuhkan bagi setiap anggota HIPMA SN adalah pemberdayaan peningkatan kapasitas seluruh anggota.

"Hal ini mngkin bisa dicapai dengan melakukan diskusi. Baik diskusi dengan internal/eksternal organisasi, diskusi keilmuaan bersama tokoh intelektual di Nagari Sungai Nanam." (*)

Penulis: Novri