Rois Syuriah PCNU Kabupaten Solok: Pentingnya Meneladani Akhlak Rasullulah SAW

Jumat, 12 Maret 2021

SOLOK, PANTAUNEWS.CO.ID - Rois Syuriah PCNU Solok Buya Fahmi Riza memberikan tausiah kepada masyarakat dalam rangka memperingati Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW bahwa pentingnya meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW. Pesan ini disampaikan kepada jamaah Masjid Babussalam, Jorong Balai Garabak, Nagari Sungai Abu, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kamis (11/3/2021) malam.

Pada kegiatan itu Rois Syuriah PCNU Kabupaten Solok didampingi oleh Wakil Ketua Tandfiziah Syahrul Ramadhan, Wakil Sekretaris R Nofrianto, dan Wakil bendahara M. Fauzan serta Ketua MWC NU Hiliran Gumanti Nora Rajo Maggek.

Pada kesempatan itu, Buya Fahmi Riza menghimbau agar masyarakat menjaga nilai-nilai islam ahlusunnah wal jamaah An-Nahdliyah dan budaya lokal masyarakat terus dilestarikan.  Hal itu juga sebagai upaya mendesiminasikan nilai-nilai keaswajaan yang mengutamakan nilai dan konsep Islam Rahmatan lil’alamin. Menurutnya, urgensi desiminasi nilai-nilai seperti itu sebagai upaya kontra radikalisme yang saat ini mulai menjamur di tengah masyarakat.

Hal demikian, sekaligus sebagai alternatif menyiapkan Generasi berperan menjadi otoritas keagamaan di tengah masyarakat. Setidaknya, mereka mampu menyiapkan jawaban atas berbagai pertanyaan di masyarakat dengan merujuk pada kelompok-kelompok yang intoleransi dan radikal. Sehingga, tradisi keulamaan Aswaja An-Nahdliyah tidak bergeser dari pakem yang sudah ada.

Rais Syuriah juga membahas tentang islam nusantara. Islam nusantara supaya masyarakat menjaga tradisi secara turun temurun. Islam itu pendekatan budaya.

Pentingnya memperingati Isra' Mi'raj bukanlah sekedar memperingati saja tetapi juga untuk mencontoh akhlak Nabi Muhammad SAW. 

Dengan memcontoh akhlak Nabi Muhammad SAW, masyarakat bisa menjaga toleransi dalam masyarakat karena Nabi Muhammad SAW juga mengurus masyarakat yang majemuk.

Ketua pengurus Masjid Babussalam Fitreo Yuliadi serta Ttokoh Masyarakat Syahril berharap supaya Fahmi Riza bisa mengisi pengajian secara rutin. Serta Pemerintah Kabupaten Solok memberikan perhatian kepada Masjid Babussalam yang sedang dalam proses pembangunan untuk kenyamanan masyarakat beribadah. (*)

Penulis: Novri