Sejumlah Program Menarik Jumat Akhir Pekan di Kecamatan Lamba Leda Utara

Jumat, 19 Maret 2021

MANGGARAI TIMUR, PANTAUNEWS.CO.ID - Pemerintah Kecamatan Lamba Leda Utara (Kec. LAUT), Kabupaten Manggarai Timur, NTT menggelar sejumlah program menarik dalam rangka mengisi kegiatan Jumat akhir pekan di wilayah tersebut.

Pemerintah Kecamatan Lamba Leda Utara, melalui Plt. Camat, Agus Supratman, saat arahan apel pelepasan peserta jalan sehat bersama awal tahapan kegiatan pada Jumaat (19/3/2021) pagi sekitar pukul 05.30 WITA, menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan merupakan wujud kepedulian pemerintah dalam mengangkat derajat kesehatan masyarakat.

"Maksud dan tujuan kegiatan ini, selain membina kebersamaan, juga bertujuan untuk memperbaiki taraf kesehatan kita atau masyarakat pada umumnya. Kali ini kita mulai dari warga Ibu Kota Kecamatan, kemudian nanti bila sudah terbiasa baru ditularkan ke semua desa untuk lakukan hal yang sama", ucap Agus. 

Ia juga mengatakan, kegiatan ini merupakan program akhir pekan pihak Kecamatan Lamba Leda Utara, bekerjasama dengan Puskesmas, pihak Kepolisian dan TNI melalui Babinsa yang dimulai hari ini, Juma'at 19 Maret 2021 di Dampek, Ibu Kota Kecamatan Lamba Leda Utara.

"Kegiatan ini merupakan kerja sama lintas sektor di wilayah ini untuk program kesehatan bagi warga Ibu Kota Kecamatan" kata Agus.

Program kegiatan ini, lanjut Agus sangat menarik, karena dikemas dengan kolaborasi apel pagi, jalan sehat bersama, senam kesegaran jasmani, penyuluhan prilaku hidup bersih dan sehat (PHSB), pemeriksaan tekanan darah/tensi darah, gulah dara, asam urat dan kolesterol, lalu ditutup dengan makan minum pangan lokal dan diiringi rileks sekaligus life musik.

Mantan Sekcam Lamba Leda itu juga menjelaskan, bahwa kegiatan yang dilaksanakan memiliki korelasi semangat yang sama dengan visi dan misi Bupati Dan Wakil Bupati Manggarai Timur yakni 'MATIM SEBER'.

"Dibawa payung visi dan misi pemerintah Kabupaten Manggarai Timur yang sejahtera berdaya dan berbudaya (MATIM SEBER), kita jabarkan dengan berbagai kegiatan salah satunya adalah kegiatan seperti ini, demi terciptanya Kecamatan Lamba Leda Utara yang 'BERSAHAJA' (Bersih, Sehat, Aman dan Sejahtera)", kata Plt. Camat LAUT itu yang akrab disapa Agus.

Ia menambahkan, ada 8 (delapan) rangkaian sub kegiatan yang dikemas dalam satu program kegiatan Jumaat Akhir Pekan di Kecamatan Lamba Leda Utara.

"Delapan sub kegiatan yang dikemas dalam satu program kegiatan juma'at akhir pekan, antara lain, Apel pagi bersama, Jalan sehat bersama, Senam kesegaran jasmani bersama, Penyuluhan kesehatan, Pemeriksaan tekanan darah/tensi darah, gulah dara, asam urat dan kolesterol, lalu sama sama menikmati makan minum pangan lokal sambil rileks dan live musik serta diakhiri dengan latihan tanding bersama bola voly antara pihak kecamatan, pihak puskesmas dan masyarakat", ujar Agus

Selama tahapan kegiatan itu jelas Agus, pelayanan pemerintahan untuk masyarakat tetap dilaksanakan. 

Kegiatan itu disambut antusias oleh seluruh Pegawai kecamatan, Pegawai Puskesmas Dampek, seluruh jajaran kepolisian, Babinsa, koordinator UPTD tingkat Kecamatan, Kepala Sekolah dan guru yang tidak memiliki jam mengajar pagi di wilayah Ibu kota Kecamatan, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh perempuan.

Pelaksanaan kegiatan tersebut tetap mematuhi protokol kesehatan. Satgas Covid-19 tingkat kecamatan secara tegas dan ketat mengawal seluruh tahapan pelaksanaan kegiatan. (*)

Penulis: Richard Bon