Sekolah Pulau Terluar Simeulue Terima Pencairan Beasiswa PIP Tahun 2019 dan 2020

Selasa, 02 Maret 2021

SIMEULUE, PANTAUNEWS.CO.ID - Penyaluran bantuan sosial pendidikan (Bansosdik) beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) tahun 2019 dan tahun 2020 oleh Bank Rakyat Indonesia kepada SDN-SMP Satap Pulau Teupah, beasiswa itu langsung diserahkan oleh kepala sekolah kepada wali murid di gedung utama SDN-SMP Satap Pulau Teupah pada hari Senin (1/3/2021). 

Jumlah bantuan sosial pendidikan Program Indonesia Pintar (PIP) yang disalurkan kepada siswa dan siswi bervariasi, siswa SMP berjumlah Rp 375.000 sampai dengan Rp 750.000, kemudian siswa SD berjumlah Rp 225.000 sampai dengan Rp 450.000 setiap siswa dan siswi yang menerima. 

Bantuan sosial pendidikan Program Indonesia Pintar (PIP) tersebut tidak semua siswa dan siswi yang mendapat atau menerima bantuan itu hanya yang memiliki kartu PIP. 

Safii S.Pd sebagai Kepala Sekolah SDN-SMP Satap Pulau Teupah mangatakan bahwa betul sekali beasiswa bantuan sosial Ppndidikan Program Indonesia Pintar (PIP) itu tidak semua siswa dan siswi SD dan SMP yang menerima hanya yang mempunyai kartu PIP saja.

"Penerima Bantuan sosial pendidikan (Bansosdik) beasiswa PIP dimaksud berdasarkan SK Kemdikbud dari pusat dan  Sesuai dengan aturan atau yang tertuang dalam SK penerima Kemendikbud yang kami serahkan," ujar Safii sebagai juara nasional penguatan Kepala sekolah tahun 2020 kepada wartawan media ini, Selasa (2/3/2021). 

Lebih lanjutnya Safii menjelaskan program Kemdikbud ini khusus untuk siswa dan siswi SD dan SMP yang mempunyai kartu Program Indonesia Pintar (PIP) kemudian untuk penyaluran bantuan beasiswa itu langsung diterima oleh wali murid dari siswa dan siswi SMP dan SD.

"Kami dari pimpinan sekolah di Pulau Teupah dalam penyaluran bantuan Beasiswa tersebut turut juga kami undang Komite, para dewan guru sekolah juga dibuat surat berita acara dan kemudian pendatangan surat penerimaan bantuan serta pemamfaatannya" ungkap Safii yang juga alumni Fkip Unsyiah tahun 2009 ini.

Safii menambahkan harapannya sebagai kepala sekolah dengan adanya dana ini walaupun sedikit bisa membantu kelanjutan pendidikan siswa dan siswi yang sedang belajar di sekolah dan juga kedepan yang saya harapkan kementerian pendidikan dan kebudayaan, bisa mengakomodir  semua siswa dan siswi yang berada di pulau terluar ini untuk bisa di SK sebagai penerima beasiswa tersebut

"Bantuan ini sangat bermanfaat bagi siswa dan siswi di sekolah terluar dan terdepan ini untuk menunjang kelancaran pendidikan. apalagi siswa siswi banyak dari orang tua kurang mampu," tutup Safii. (*)

Penulis: Ardiansyah