7 Anggota DPRK Subulussalam Absen Saat Rapat Paripurna dan Pembacaan LKPJ Walikota

Jumat, 16 April 2021

SUBULUSSALAM, PANTAUNEWS.CO.ID - Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) menggelar rapat paripurna penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota Subulussalam Tahun Anggaran 2020, Kamis (15/4/2021).

Rapat paripurna dan pembacaan LKPJ Walikota H Affan Alfian Bintang SE, yang digelar di Gedung Dewan itu dipimpin langsung oleh Ketua DPRK Subulussalam Ade Fadly Pranata Bintang, S.Ked, dihadiri oleh Wakil Walikota Drs. Salmaza, MAP, Wakil Pimpinan dan anggota DPRK, unsur Forkopimda, Sekwan Abdurrahmansyah Ujung, SE, MM, serta para kepala SKPK kota Subulussalam.

Dalam penyampaian laporan keterangan pertanggungjawaban tersebut, Walikota Subulussalam Affan Alfian Bintang memaparkan kondisi Kota Subulussalam saat ini, mulai dari topografi, jumlah penduduk, mata pencaharian masyarakat, ekonomi, industri, potensi alam, potensi kepariwisataan, hingga sumber daya alam dan pengelolaannya.

Wako juga memaparkan lima program kerja prioritas mereka Bintang-Salmaza pada tahun 2020 dan jumlah Anggaran Pendapatan dan Belanja Kota (APBK) Subulussalam serta jumlah anggaran yang dialokasikan dan direalisasi capaian serapan anggaran tersebut oleh para kepala SKPK Tahun 2020.

Bintang menyampaikan, mengenai pendapatan daerah dalam kebijakan perencanaan telah diupayakan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah sehingga dapat memperkecil ketergantungan terhadap sumber pendapatan dari pemerintah pusat maupun provinsi.

"Kota Subulussalam mempunyai potensi sumber daya alam yang cukup banyak, namun belum dapat dimanfaatkan secara optimal, sehingga kontribusinya terhadap pendapatan daerah juga belum optimal,"sampai Walikota Affan Alfian Bintang.

Masih kata Bintang, meski demikian pihaknya akan terus berupaya untuk meningkatkan pendapatan asli daerah melalui intensifikasi dan ekstensifikasi setiap tahunnya.

Selanjutnya, dokumen LKPJ Wali kota Subulussalam itu diserahkan langsung olehnya kepada pimpinan DPRK Subulussalam yang diterima oleh Ketua Ade Fadly Pranata Bintang, S.Ked didampingi dua wakil pimpinan DPRK yakni Fajri Munthe dan Dewita Karya.

Pantauan wartawan, kegiatan rapat paripurna DPRK Subulussalam tentang penyampaian LKPJ Walikota Affan Alfian Bintang itu berjalan dengan khidmat meski hanya dihadiri oleh 13 orang dari 20 Anggota DPRK Subulussalam atau sebanyak 7 anggota dewan tidak hadir. (*)

Penulis: Tanwin