Gerakan Pemuda Ansor Pelalawan Laksanakan Khataman Al Quran 30 Juz

Kamis, 29 April 2021

PELALAWAN, PANTAUNEWS.CO.ID - Dalam rangka menyambut Nuzulul Quran 17 Ramadhan 1442 H, Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Pelalawan melaksanakan kegiatan Khataman Al Quran 30 Juz Binnadzor dengan tema kegiatan "Menjadikan Al Quran sebagai Pedoman Cinta Tanah Air". 

Kegiatan dilaksanakan sehari penuh mulai dari selesai Subuh sampai menjelang Maghrib pada hari Rabu (28/4/2021) dan bertempat di Masjid Besar Al Muttaqin Jl. Maharaja Indra Pangkalan Kerinci.

Kegiatan menyambut Nuzulul Quran dengan Khataman Al Quran 30 Juz dilaksanakan dalam rangka merawat tradisi Islam yang akhir-akhir ini semakin tergerus oleh tren Islamisme yang melanda sebagian besar kaum Muslimin perkotaan. 

"Kaum Muslimin Perkotaan sekarang latah dengan retorika ceramah keagamaan, setiap momen Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) diperingati secara seremonial dengan memanggil Ustadz dan mendengarkan ceramah yang hanya masuk di telinga kiri dan langsung keluar lewat telinga kanan, oleh karena itu saya mengapresiasi Gerakan Pemuda Ansor Pelalawan yang telah menginisiasi kegiatan Khataman Al Quran sebagai bagian dari ikhtiar mengembalikan spirit PHBI ke dalam sanubari kaum Muslimin", demikian disampaikan oleh Ahmad Jazuli, tokoh Pemuda Ansor yang ikut terlibat dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan Khataman Al Quran dipimpin langsung oleh ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor (PC GP Ansor) Kabupaten Pelalawan sahabat Ali Zaenal Arifin dan diikuti oleh beberapa kader Ansor maupun Banser secara partisipatif dengan membaca Al Quran secara berlanjut dan bergantian. 

Beberapa Pimpinan Pemuda Ansor hadir mengikuti kegiatan ini, di antaranya Bendahara PC GP Ansor Kabupaten Pelalawan sahabat Muhammad Shohibul Ahsan, Kasatkorcab Banser Kabupaten Pelalawan sahabat Jamil Shoim, Pimpinan Cabang Rijalul Ansor Kabupaten Pelalawan Ustadz Absori, Lc. dan beberapa Ketua Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor (PAC GP Ansor) yang ada di Kabupaten Pelalawan. 

Selain itu kegiatan ini juga dihadiri dan diikuti secara aktif oleh Plt Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pelalawan Ustadz Syahrul Mauludi, MA. Ustadz Syahrul mendapat giliran dan ikut membaca 1 Juz Al Quran dan disimak oleh peserta kegiatan.

Tepat menjelang Maghrib, 30 Juz Al Quran selesai dibaca dan langsung ditutup dengan Doa Khotmil Quran yang dipimpin oleh Ustadz Absori, Lc. Selanjutnya para peserta kegiatan Khataman Al Quran melanjutkan kegiatan dengan berbuka puasa bersama dilanjutkan sholat Maghrib dan tarawih berjama'ah. (*)

Penulis: Helmy S