Menekuni Dunia Jurnalistik, Tidak Ada Batas Waktu

Jumat, 23 April 2021

PEKANBARU, PANTAUNEWS.CO.ID - Awak media pantaunews, Jumat (23/4/2021) berkesempatan bertemu dan berdiskusi tentang seputar perkembangan jurnalistik di Indonesia kepada Bapak Hotman S pada suatu pesta acara Adat Batak di Pasir Putih, Gedung Serbaguna Jamhur.

Pada kesempatan tersebut awak media bertanya tentang perjalanan dan perkembangan dunia jurnalis di Riau maupun Indonesia.

Pak Hotman Simanjuntak yang dahulunya sempat menjabat Pimpinan Redaksi Angkatan Bersenjata Indonesia di Provinsi Riau ini berkata, "di awal beliau berkecimpung di dunia jurnalistik tahun 1973, dengan kemampuan dan teknologi terbatas dan aturan pers yang begitu ketat. Untuk menjadi jurnalis atau wartawan di masa itu sangat sulit sekali, berbeda di era tahun 2000-an sekarang.

Lanjut beliau, setiap wartawan harus memiliki sikap, karakter ulet, sopan, pengetahuan yang luas, ramah dan terutama memahami aturan dan undang-undang pers yang terus berkembang seiring waktu.

"Jika berkecimpung di profesi wartawan atau jurnalis yang penting tekad yang kuat, mau selalu belajar dan berdoa"

Itu adalah hal yang sangat penting sebelum melangkah sebagai seorang jurnalis atau wartawan.

Beliau juga menambahkan, "terhadap suatu permasalahan yang sedang di investigasi, Wartawan harus bersikap profesional dan Independen dengan fakta,data dan sumber permasalahan itu apa, seperti yang tertuang dalam istilah 5 W 1 H. Itu harus dan berbagai pihak yang terkait di dalam persoalan tersebut baiknya dikonfirmasi agar ada suatu arah yang jelas sebelum di publikasikan. Jadi janganlah menjadi wartawan atau jurnalis yang ditakuti, tetapi jadilah Wartawan atau Jurnalis yang di segani. Karena apa yang kita tulis itu yang dibaca masyarakat dan masyarakat akan menilai si Wartawan melalui tulisannya.

Bermitralah dengan pemerintah dalam bagian dari penyampaian program pemerintah ke masyarakat, termasuk Institusi Penegak hukum dalam proses penegakan hukum yang Adil dan Bijaksana. 

Diakhir perjumpaan, beliau bangga akan perkembangan dunia jurnalistik di Indonesia yang merupakan suatu rangkaian yang tak terpisahkan untuk Kemajuan Bangsa dan Negara.

Hingg saat ini setelah 40 tahun mengabdi dalam dunia jurnalisme di Indonesia dan Riau khususnya, masih tetap dianggap senior dan penasehat yang dibutuhkan petuahnya di salah satu Lembaga Wartawan yang cukup terkenal dan tertua di Indonesia. 

Sambil berlalu dan berpamitan beliau mengucapkan selamat bertugas. (*)

Penulis: Erick Simanjuntak