MZK Institute Gelar Pelatihan Materi Jurnalistik Pra-UKW

Senin, 26 April 2021

MANGGARAI BARAT, PANTAUNEWS.CO.ID - Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kemampuan wartawan, MZK Institute menggelar pelatihan tentang materi jurnalistik pra-UKW. Kegiatan itu diikuti oleh belasan wartawan dari sejumlah provinsi se-Indonesia dan dilaksankan via aplikasi zoom meeting selama 3 hari yakni dari tanggal 22-24 April 2021.

Martha dari MZK Institute yang menjadi moderator dalam acara itu mengawali kegiatan dengan menyapa seluruh peserta pelatihan sekaligus memperkenalkan seorang pemateri bernama Drs. Agung Santoso.

Saat pemaparan materi, Drs. Agung Santoso menjelaskan, jangan menganggap remeh saat  pelaksanaan Uji Kompentensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan oleh lembaga apa pun yang telah diberi mandat oleh Dewan Pers.

"Jangan anggap remeh saat UKW, jangan berpikir bahwa UKW itu hanya main-main atau dianggap sebagai hal yang momok," katanya. 

Menurut dia, saat kegiatan UKW, para peserta harus mengikuti kegiatan tersebut secara serius, karena ini merupakan moment yang akan menguji sejauh mana kemampuan seorang wartawan dalam memahami ilmu kewartawanan. 

Ia juga menambahkan bahwa UKW merupakan kesempatan untuk menilai apakah seorang wartawan sudah layak dan memiliki kompetensi atau tidak dalam dunia jurnalistik.

"Wartawan harus serius saat UKW karena ini akan menguji kemampuannya, apakah dirinya telah menguasai dunia jurnalistik atau tidak," terang wartawan senior itu.

Selain itu, dirinya juga menyebutkan, terdapat 12 materi yang akan diuji saat kegiatan UKW. Semua materi itu, lanjutnya akan diuji baik secara lisan maupun tertulis. "Materinya akan diuji secara lisan dan tertulis saat UKW," katanya.

Perincian dari materi tersebut, sambung Agung diantaranya, Pengetahuan umum tentang jurnalistik, Prinsip jurnalistik, Unsur, Nilai dan Jenis berita (UNJ), Bahasa jurnalistik, Narasumber, Wawancara, Reportase, Penyuntingan/Edit berita, Penggunaan IT, Rapat redaksi, Rapat evaluasi, Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan Menulis berita dengan menerapkan unsur 5W/1H.

“Ada 12 materi yang akan diuji oleh para penguji saat kegiatan UKW nantinya,” pungkas Agung. (*)

Penulis: Richard Bon