Ulama Karismatik Abuya Uci Turtusi Wafat

Rabu, 07 April 2021

TANGERANG, PANTAUNEWS.CO.ID - Salah satu ulama besar di Tangerang, Abuya KH Uci Turtusi atau yang biasa dikenal dengan Abah Uci Cilongok, meninggal dunia pada Selasa (6/4/2021) pagi.

Kabar meninggalnya ulama karismatik tersebut, membuat banyak pihak terkejut, terutama santri dan jamaah pengajiannya.

Salah satu santri Abah Uci, Supian menceritakan, gurunya itu dikenal sebagai sosok berpengaruh di Tangerang, khususnya di wilayah Pasar Kemis. Pengajian yang digelar tiap Minggu, bahkan dihadiri oleh ribuan jamaah dari berbagai daerah di Provinsi Banten.

"Abah itu memang dikenal sebagai ulama berpengaruh, banyak tokoh masyarakat dan ulama lain yang sering sowan untuk minta pendapat beliau dan setiap hari Minggu juga di sini jamaahnya membludak," ujar Supian, Selasa (6/4/2021).

Perihal penyebab meninggalnya Abah Uci, Supian mengaku tidak tahu pasti, karena pengurus pesantren pun belum memberikan keterangan resmi. Namun, menurut kabar yang dia dengar, Abah Uci sempat mengeluh masuk angin setelah menghadiri acara.

"Belum tahu pasti, tapi Abah semalam sempat mengeluh kurang enak badan, masuk angin," jelasnya.

Saat ini, jenazah Abah Uci sudah dimakamkan dikomplek pemakaman Pondok Pesantren Al-Istiqlaliyyah. Namun, jamaah masih terus berdatangan untuk melaksanakan salat gaib di Masjid Al Istiqlaliyyah.

KH. Uci Thurtusi terlahir di Pondok Pesantren Al Istiqlaliyah, di Kampung Cilongok, Pasar Kemis, Tangerang, Banten. Almarhum salah satu putra dari Abuya Dimyathi Al-Bantani. (*)

Penulis: Akbar