Empat LSM Meminta Penegak Hukum Mengaudit Kota Subulussalam

Kamis, 27 Mei 2021

SUBULUSSALAM, PANTAUNEWS.CO.ID - Berdasarkan hasil musyawarah Forum LSM Kota Subulussalam menyikapi peristiwa yang terjadi di gedung DPRK saat sidang paripurna pembacaan LKPJ pada (24/5/21) lalu.

Disinyalir agenda Penyampaian Rekomendasi DPRK atas LKPJ Walikota Subulussalam Tahun 2020.
Peristiwa yang mengakibatkan terjadinya Walk Out fraksi Geranat dua diantaranya pimpinan DPRK Wakil Ketua I dan Wakil Ketua II menambah catatan buruk bagi demokrasi di Pemko Kota Subulussalam.

Pasalnya Fraksi Geranat yang tergabung dari empat partai. Golkar, Gerindara, PAN, dan PA. Tidak diberikan waktu oleh Ketua DPRK Subulussalam untuk menyampaikan pandangan fraksinya atas LKPJ Walikota Subulussalam Tahun 2020.

Hal ini tentu kami menilai bahwa telah terjadi monopoli kekuasan oleh sekelompok oknom pada kelembagaan istimewa tersebut. dengan menyingkirkan norma serta tatib pada lembaga DPRK Kota Subulussalam.

Bahkan jauh dari itu patut kita curigai atas dasar Ketua Dewan tidak memberikan kesempatan untuk membacakan rekomendasi fraksi Geranat atas LKPJ Walikota Subulussalam Tahun 2020. Begitu pula adanya kekeliruan yang kami nilai terjadi pada Dokumen LKPJ Walikota Subulussalam Tahun 2020 dengan realisasi di lapangan. 

Tentu hal tersebut dapat mengkibatkan kerugian bagi daerah. Menanggapi hal tersebut empat penggiat LSM dan pemerhati Kota Subulussalam, dalam press release nya Ormas Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI), LP Tipikor Nusantara Kota Subulussalam, LSM Subulussalam Rumah Kita, dan LSM Martabat DPW propinsi Aceh. Meminta kepada instansi penegak hukum dan yang terkait agar kiranya mengaudit dan menginvestigasi pemerintahan kota Subulussalam. 

"Diminta kepada pihak penegak hukum Kepolisian Daerah (Polda Aceh), Kejaksaan Tinggi Aceh (Kajari), Inspektorat Aceh, dan terkhusus kepada BPKP Perwakilan Aceh, dan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI. agar segera mengaudit dan menginvestigasi temuan pansus LKPJ Walikota Subulussalam Tahun 2020 demi tercapainya cita-cita bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo Bersih dari Korupsi,"jelas Ahmad Rambe ketua ormas LAKI Subulussalam, Rabu (26/5/2021).

Penulis : Juliadi