Lansia, Tenaga Pengajar dan Pelayan Publik di Inhu Divaksinasi

Selasa, 18 Mei 2021

INDRAGIRI HULU, PANTAUNEWS.CO.ID - Dalam rangka mencegah dan memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19 diwilayah Kabupaten Inhu, Riau, Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Inhu melaksanakan vaksinasi gratis bagi masyarakat.

Pelaksanaan vaksinasi massal dipusatkan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Rengat, Selasa (18/5/2021) pagi tadi.

Kriteria peserta vaksinasi diprioritaskan kepada para Lanjut Usia (Lansia) diatas usia 59 tahun, tenaga pengajar dan pelayanan publik.

Satgas Covid-19 Kabupaten Inhu mengerahkan personel tenaga kesehatan (Nakes) yang berasal dari 5 puskesmas, yakni Puskesmas Airmolek, Puskesmas Polak Pisang, Puskesmas Sungai Lala, Puskesmas Lirik dan Puskesmas Sungai Parit.

Selama pelaksanaan vaksinasi massal gratis itu terlihat antusiasme masyarakat cukup tinggi. Sehingga para petugas, baik dari Dinas Kesehatan dan Polres Inhu berkali-kali mengingatkan peserta vaksin agar tetap memperhatikan protokol kesehatan (Prokes).

Kadis Kesehatan Inhu, Ellis Julinarti disela-sela acara vaksinasi mengatakan, kegiatan vaksinasi itu dilakukan tanpa ada batasan. Pihaknya menargetkan peserta vaksinasi sebanyak-banyaknya.

"Selagi ada vaksin, kita berharap jumlah pesertanya sebanyak-banyaknya. Sehingga wabah Covid-19 di wilayah Kabupaten Inhu dapat terkendali dan dapat memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19," kata dia.

Ellis berharap kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes), dengan menerapkan 3M, yaknu Mencuci tangan, Memakai masker dan Menjaga jarak.

Penerapan 3M itu, lanjutnya, tidak bisa dilepaskan begitu saja.  Sebab, hal itu merupakan satu kesatuan. "Jika sudah memakai masker harus rajin mencuci tangan dan menjaga jarak," pesannya.

Walau 10 ribu petugas berada dilapangan, tidak akan ada artinya jika masyarakat tidak mematuhi protokol kesehatan. Jika sudah di vaksin harus tetap menjaga protokol kesehatan.

Selain Kadis Kesehatan Inhu Ellis Julinarti tampak hadir Kapolres Inhu AKBP Efrizal, yang ikut memantau pelaksanaan vaksinasi.

Disebutkan, Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Inhu akan kembali melakukan vaksinasi massal gratis lanjutan pada Kamis 20 Mei 2021 mendatang. Namun lokasinya berbeda, yakni di Gedung Dang Purnama Rengat. (nto)