Akibat Abrasi, 12 Rumah Di Tanjung Jabung Barat Nyaris Hanyut Ke Sungai

Senin, 28 Juni 2021

TANJUNG JABUNG BARAT, PANTAUNEWS.CO.ID - Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Hairan, SH meninjau secara langsung ke lokasi kejadian bencana alam abrasi yang menimpa rumah warga Pasar Parit Deli, RT 01, Kelurahan Betara Kiri, Kecamatan Kuala Betara, Tanjung Jabung Barat, Senin (28/6/2021).

Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat memberikan bantuan kepada warga yang mendapat musibah tersebut berupa selimut, paket sembako, obat-obatan dan matras.

"Kami bergerak cepat merespon kejadian musibah yang diderita masyarakat kami di Kecamatan Kuala Betara. Kami hadir di sini memberi bantuan atas nama pemerintah turut prihatin dan sebagai bentuk kepedulian kami," ujar Bapak wakil Bupati Hairan, SH.

"Terkait pendirian tenda untuk sementara masyarakat tinggal di rumah keluarga masing-masing atau tetangga dan terkait rumah yang terdampak, kedepannya Dinas Sosial akan mengajukan ke pemerintah pusat terkait bantuan program Rumah Baru," tegas wakil Bupati.

Rumah warga yang terkena abrasi berjumlah 8 rumah dan rumah yang terdampak berjumlah 4 rumah. Abrasi adalah suatu proses pengikisan pantai yang mengakibatkan oleh tenaga gelombang laut dan arus laut atau pasang surut arus laut yang bersifat merusak sehingga terjadi longsor di bibir sungai.

Turut  mendampingi Sekda Ir. H. Agus Sanusi, M.Si, wakapolres Kompol Alhajat, SIK, Kasat Intelkam AKP Hermanto, Pasi Intel Dandim 0419/Tanjab Kapten Inf Boimin, Asisten I Hidayat Badar, SH, MH, Sekretaris Dinas Sosial Abdul Somad, Kepala BPBD Zulkifli, Kadishub Samsul Jauhari, Camat Kuala Betara Hery Putra Syam dan Kapolsek Betara AKP Harefa. (Syahrial)