Belajar Tatap Muka Masih Daring

Selasa, 22 Juni 2021

PEKANBARU, PANTAUNEWS.CO.ID - Setahun lebih wabah Covid-19 melanda Indonesia termasuk Riau. Sekolah-sekolah hingga saat ini masih belum memberlakukan proses pembelajaran tatap muka meskipun di Riau sendiri dinamika jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 sedang turun.

Jubir satgas Covid-19 Riau, dr Indra Yovi mengatakan,"terkait mengenai sekolah tatap muka atau pembelajaran tatap muka ini belum bisa kita memastikan apakah kondisi hybribnya bisa dilakukan atau tetap total online," katanya melalui siaran youtube diskominfotik riau yang dilihat wartawan pada Senin (21/6/2021).

"Ini juga menjadi keseriusan karena ada perhatian dan ada rekomendasi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia juga menyatakan tidak merekomendasikan kondisi indonesia saat ini untuk melakukan tatap muka," ujar Yovi.

"Tetapi tentu pemerintah pusat dan daerah akan memikirkan strategi - strategi supaya pembelajaran anak - anak ini tetap bisa dijalankan dengan baik. baik secara hybrid, online dan offline maupun secara total online," sambungnya.

Yovi menjelaskan," ini memang akan sangat dinamis nantinya. bisa saja minggu ini berubah atau minggu depan juga akan berubah lagi. tentu kita akan menunggu mulainya ajaran baru di pertengahan juli nanti apakah trend kasus tetap turun atau justru semakin bertambah. kita akan lihat itu," jelasnya.

Pemerhati pendidikan Riau, Eko Wibowo mengatakan," pada masa pandemi Covid-19 saat ini soal metode pendidikan yang akan diterapkan mulai ajaran baru 2021-2022 jadi perdebatan tersendiri. Sebagian orang tua tetap mau anaknya belajar di rumah, sementara yang lainnya tidak keberatan putra-putrinya mulai kembali belajar di sekolah," katanya.

Menurut Eko, pemerintah daerah harus mempertimbangkan faktor keamanan dan keselamatan serta tumbuh kembang dan kondisi psiko sosial anak sebagai prioritas utama.

"Sebaiknya wajib belajar daring (online) untuk zona merah dan daerah lainnya mengikuti aturan Kemendikbudristek RI," tutup Eko. (Rasid Ahmad)