Diisukan Rombak Kabinet Pasca Gelar Job Fit, Walikota Dumai Sebut Masih Menunggu

Sabtu, 19 Juni 2021

DUMAI, PANTAUNEWS.CO.ID – Isu pergantian pejabatan eselon di lingkungan Pemerintah Kota Dumai pasca dilantiknya Wali Kota dan Wakil Wali Kota H. Paisal, SKM, MARS – Amris, S.Sy (Alm) mulai menghangat. Informasi terangkum, adanya mutasi atau pergantian kekosongan jabatan, hari ini Jumat, 18/6/2021.

Salah satu sumber pejabat teras eselon II Kota Dumai yang enggan namanya dipublikasi, mengatakan desas desus ini benar adanya dengan telah dilaksanakannya Job Fit. Disebutkannya lagi, kabar ini telah berembus dan sempat ada yang gonjang ganjing pergantian.

“Benar infonya hari ini dan kabarnya dalam waktu dekat pergeseran pejabat. Sebelumnya, ada 11 Kepala OPD eselon II yang mengikuti uji kompotensi kesesuaian jabatan pejabat struktural di lingkungan Pemko Dumai,” ungkapnya, Jumat (18/6/2021).

Sesuai dengan Surat Edaran Mendagri sebelumnya, untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020, ketentuan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota. Khususnya, pada Pasal 71 Ayat 2 yang berbunyi: “Gubernur atau Wakil Gubernur, Bupati atau Wakil Bupati, dan Walikota atau Wakil Walikota dilarang melakukan penggantian pejabat enam bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan akhir masa jabatan kecuali mendapat persetujuan tertulis dari Menteri.”

Tampaknya, Wali Kota Dumai H Paisal ingin kerja cepat untuk menunaikan janji politiknya di saat terpilih di Pilkada Dumai 2020 lalu. Santer heboh dan adanya prediksi nama nama yang direkomendasikan untuk menduduki posisi nomor satu di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Dumai, walaupun sekedar Pelaksana Tugas (Plt).

Disinggung, Kepala OPD yang santer dikabarkan akan digeser dari jabatannya, menyampaikan hal ini biasa dalam birokrasi pemerintahan. Ia menyatakan siap dimana saja ditempatan.

“Karena itu wewenang kepala daerah. Jadi dimana ditempatkan, kita siap saja dan sesuai dengan aturan yang berlaku,” ungkapnya lagi

Saat dikonfirmasi Wali Kota Dumai H Paisal, mengakui dan telah menggelar Job Fit sebanyak 11 Kepala OPD dan desas desus pergantian pejabat esselon menunggu keputusan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Selasa (14/6/2021).

“Kita masih menunggu,” kata H. Paisal dengan singkat.

Ketika disentil adanya pergantian dalam waktu dekat pejabat, Wali Kota Dumai belum dapat menyebutkan belum bisa.

“Jawabannya belum bisa. Kita masi menunggu izin Kemendagri dan KASN,” jelas Wako Dumai.

Informasi terangkum, 11 Kepala OPD yang melaksanakan Job Fit yakni Asisten III, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB), Dinas Perikanan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Perhubungan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip), Dinas Sosial dan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim).

Dikabarkan adanya pergeseran posisi dari Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disparpora) Kota Dumai, H Syamsudin yang berhasil dikonfirmasi mengungkapkan sangat terkejut. ASN senior Pemko Dumai ini yang sedang menjalani perawatan ini tidak ingin berkomentar lebih banyak.

“Disparpora sudah melaksanakan Job Fit sebelumnya. Intinya tergantung rekan rekan media saja menyikapinya,” pungkas singkat Syamsudin yang akan memasuki masa pensiun tahun 2022 mendatang. (*)

Penulis: Edriwan