Grand Opening Primaya Hospital Pasar Kemis, Komitmen Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Prima

Kamis, 03 Juni 2021

TANGERANG, PANTAUNEWS.CO.ID - Grand opening Primaya Hospital Pasar Kemis, diresmikan oleh Wakil Bupati Tangerang, H Mad Romli SH MH, pada Rabu (2/7/21). Hadir pada acara tersebut, CEO Primaya Hospital Group, Leona A Karnali, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Perhubungan, Komandan Kodim 0510/Tigaraksa dan unsur Muspika Pasar Kemis.

Menurut CEO Primaya Hospital Group, dalam sambutannya, mengatakan, "Kebutuhan akan pelayanan kesehatan di Indonesia semakin meningkat. Namun, hal tersebut belum selaras dengan peningkatan jumlah rumah sakit di Indonesia. Berdasarkan  data dari Profil Kesehatan Indonesia 2019 dari Kementerian Kesehatan, di Banten sendiri, jumlah bed (kasur rawat inap) adalah 0,87 per 1000 penduduk dimana standar acuan dari WHO adalah jumlah hospital bed adalah minimal 1 per 1000 penduduk. Dari hal tersebut, Primaya Hospital Group berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan layanan kesehatan  bagi masyarakat dengan membuka salah satu cabangnya di Pasar Kemis, Tangerang pada bulan Juni 2021 untuk menjangkau masyarakat wilayah Pasar Kemis dan sekitarnya".

Menurut Leona A. Karnali (CEO Primaya Hospital Group), Primaya Hospital Pasar Kemis merupakan cabang rumah sakit Primaya Hospital Group yang ke-12 sampai saat ini, Primaya Hospital Group telah memiliki  cabang di Jakarta, Tangerang, Bekasi Barat, Bekasi Timur, Bekasi Utara, Karawang, Makassar,  Palangkaraya, Sorowako, Pangkal Pinang, Sukabumi, dan Pasar Kemis.

Primaya Hospital Pasar Kemis akan beroperasi sejalan dengan visi dan misi Primaya Hospital Group yaitu  untuk menjadi jaringan pelayanan kesehatan berstandar internasional dengan penuh kepedulian. Adapun nilai-nilai perusahaan yang selalu diterapkan oleh seluruh tim Primaya Hospital Group adalah PRIMA yang terdiri dari (P) Profesional, (R) Rapih, (I) Ibadah, (M) Mendengarkan dan (A) Asertif.

Sesuai dengan slogan Primaya Hospital Group yaitu Here For You, kami akan selalu ada dan siap melayani anda dengan memberikan pelayanan yang terbaik dan semangat kerja yang tinggi sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan hingga tuntas.

Menurut dr. Ida Ayu Purwaningsih, MARS selaku Direktur Primaya Hospital Pasar Kemis, saat ini Primaya Hospital Pasar Kemis memiliki fasilitas medis yang komprehensif dengan layanan unggulan yang terdiri dari:

1. Layanan Trauma Dan Pembedahan (Trauma And Surgical Services) Primaya Hospital Pasar Kemis memiliki Layanan Kasus Trauma dan Pembedahan unggulan untuk memberikan pelayanan komprehensif dalam tata laksana pasien dengan keadaan darurat yang disebabkan oleh cedera ataupun trauma.

2. Layanan Kesehatan Ibu dan Anak (Mother and Child Services) Primaya Hospital Pasar Kemis sangat peduli terhadap kesehatan ibu dan tumbuh kembang anak 
secara optimal dengan menyediakan berbagai layanan kesehatan untuk wanita, anak-anak, dan bayi; mulai dari kehamilan, tumbuh kembang anak, kesehatan wanita, kebugaran wanita (senam dan yoga hamil), pijat bayi, laktasi, dan berbagai jenis layanan lainnya.

3. Layanan Jantung dan Pembuluh Darah (Heart And Vascular Services) Layanan Jantung dan Pembuluh Darah senantiasa didukung oleh tenaga medis yang
 kompeten, paramedis, dan petugas non-medis yang profesional. Layanan unggulan ini dilengkapi dengan peralatan modern yang dioperasikan oleh Dokter Spesialis Jantung, Dokter Bedah Saraf,  Dokter Bedah Vascular, dan Dokter Bedah Jantung terlatih. 

Primaya Hospital Pasar Kemis siap menerima pasien dengan berbagai teknologi kesehatan terkini diantaranya yaitu:

1. CT Scan (Computerized Tomography) 64 slice digunakan untuk mendeteksi banyak hal seperti kondisi pembuluh darah pada pasien, penyakit  jantung koroner, emboli paru, pembesaran pembuluh darah aorta, dan kelainan pembuluh darah  lainnya serta untuk mengamati penyebaran jenis tumor atau kanker.

2. Angiografi (kateter jantung - ring jantung) Pemasangan ring jantung berfungsi untuk melancarkan aliran darah dan oksigen dengan cara  memperbesar rongga pembuluh darah yang mengalami penyempitan atau penyumbatan.

3. USG 4D untuk Kehamilan Merupakan penggambaran medis yang dilakukan pada masa kehamilan untuk mendapatkan video bayi yang bergerak di dalam rahim. Prosedur ini dapat dilakukan untuk mendeteksi cacat lahir yang tidak terlihat pada USG 2D dan 3D atau dilakukan atas dasar keinginan pasien.

4. Laparoskopi (Bedah Minim Sayatan) Bedah Laparoskopi atau bedah teropong merupakan tindakan operasi yang dilakukan melalui sistem mini dinding perut dan memasukkan teropong kamera ke dalam perut. Bila dibandingkan dengan tindakan bedah konvensional yang rata-rata membutuhkan sayatan minimal 10 cm, tindakan laparoskopi hanya membutuhkan sayatan sebesar 1 cm.

5. X Ray Berfungsi untuk melihat kondisi tulang dan sendi atau mendeteksi penyakit seperti infeksi paru-paru,  kanker payudara, saluran pencernaan, pembesaran jantung, sumbatan pembuluh darah, tulang belakang yang abnormal, masalah ketika menelan, hingga benda yang tak sengaja tertelan ke dalam tubuh.

6. Panoramik (Rontgen Gigi) Pemeriksaan ini memberikan informasi pada dokter mengenai sinus maxillary, posisi gigi, dan kelainan tulang di daerah mulut. Selain itu, Rontgen Panoramik dapat mengetahui kelainan pada periodontal, kista pada tulang rahang, tumor rahang atau kanker mulut, gigi yang terganggu karena gigi geraham belakang yang baru tumbuh (wisdom teeth), kelainan rahang, sinusitis, dan kelainan terkait daerah mulut lainnya.

Disamping itu, Primaya Hospital Pasar Kemis juga memiliki layanan penunjang lainnya seperti:

1. Pelayanan Instalasi Gawat Darurat dan Ambulance gratis 24 jam dalam jangkauan 5 km dari rumah sakit.

2. Medical Check Up yang memberikan pelayanan komprehensif, baik yang bersifat personal maupun perusahaan (masal).

3. Kamar Operasi berupa ruang pembedahan terbaik dengan tekanan negatif dalam menyikapi era pandemi saat ini.

4. Ruang Intensive Coronary Care Unit (ICCU) sebagai unit perawatan intensif untuk penyakit jantung.

5. Ruang Intensive Care Unit (ICU), Neonatal Intensive Care Unit (NICU), dan Pediatric Intensive Care Unit (PICU) untuk ruangan perawatan intensif bayi, anak, dan dewasa sesuai kondisi kesehatan pasien dan HCU (High Care Unit) untuk pasien yang membutuhkan perhatian khusus dalam penangananya tanpa memerlukan alat bantu ventilator

6. Fisioterapi yang bertujuan untuk meningkatkan, mempertahankan, dan memulihkan kesehatan pasien.

7. Laboratorium untuk melakukan berbagai pemeriksaan seperti hematologi lengkap, bio-kimia darah,  hormone atau endokrin, imunologi dan virus, faktor-faktor pembekuan darah, patologi anatomi, mikrobiologi, serta pemeriksaan laboratorium lainnya.

"Primaya Hospital Pasar Kemis senantiasa menerapkan alur pemisahan antara pasien infeksius dan non infeksius sehingga seluruh pasien dapat terhindar dari paparan penyakit menular di area rumah sakit", tutur Leona A Karnali.

Wakil Bupati Tangerang, H Mad Romli, berharap, semoga dengan adanya Primaya Hospital Pasar Kemis, dapat membantu pemerintah daerah dan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan kesehatan, apalagi saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19, sehingga ketersediaan tempat dapat terpenuhi dan untuk warga yang terpapar Covid-19 dapat segera ditangani.(*)

Penulis : Soleh