Jalan Penghubung Subulussalam-Aceh Selatan Akan Segera Dibangun

Kamis, 24 Juni 2021

SUBULUSSALAM, PANTAUNEWS.CO.ID - Jalan penghubung perbatasan Aceh Selatan dengan Kecamatan Rundeng, Kota Subulussalam akan segera dibangun dengan anggaran DAK 15 miliar sudah masuk dalam proses lelang.

Diketahui dari hasil penelusuran awak media dari LPSE Aceh terlihat pada kode 34969106 dengan nama paket pekerjaan peningkatan jalan batas Aceh Selatan - Rundeng (DAK) pagu 15 miliar dan kode 29437106 dengan nama paket pemeliharaan berkala Jalan Subulussalam-Rendeng dengan pagu 6,7 miliar.

Disamping itu awak media mengkonfirmasi langsung Wakil Ketua 1 DPRK Subulussalam Fajri Munthe menyampaikan pada awak media, Kamis (24/6/2021)

Setelah jembatan Dah sebagai impian masyarakat Kecamatan Rundeng terwujud, maka pada tahun ini pembangunan jalan penghubung antara Kota Subulussalam-Aceh Selatan via Kecamatan Rundeng akan segera dikerjakan Pemerintah Aceh dan sudah memasuki proses tender.

”Alhamdulillah, pembangunan jalan lintas kabupaten/kota, tepatnya jalan penghubung Kecamatan Rundeng, Kota Subulussalam dengan Aceh Selatan pada tahun ini sudah tercover di APBA dengan anggaran 15 miliar dan pemeliharaan jalan Rundeng 7 miliar, keduanya sudah memasuki tahap lelang di Banda Aceh dan kita hanya penerima manfaat,” ujar Fajri.

Masih menurut bang Faj panggilan akrab politisi Golkar ini menambahkan bahwa pihaknya telah turun ke lapangan secara langsung.

"Kami telah mengkroscek langsung ke lapangan bersama mantan Camat Rundeng Irwan Faisal. ± 7 KM lagi yang belum pengerasan, dana anggaran sebesar 15 miliar mudah-mudahan mampu menuntaskan  pekerjaan pembangunan jalan tersebut,” tambahnya.

Fajri juga berharap setelah pembangunan jalan tersebut selesai, masyarakat Kuala Kepeng yang mengungsi sampai saat ini akan kembali lagi ke kampong halamanya.

"Kita berencana lahan yang kosong disebelah kiri jalan utama desa Kuala Kepeng akan dibagikan kepada masyarakat,dengan catatan yang diutamakan bagi warga Kuala kepeng yang masih belum pindah data kependudukan dari  desa tersebut,wacananya setiap warga masyarakat Kuala Kepeng akan mendapatkan lahan perkarangan sebanyak 1,5 – 2 hektar per KK,"harap Fajri.

"Pembangunan jalan sepanjang 7 kilometer tersebut dari Desa Tualang di Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam sampai Desa Titi Poben di Aceh Selatan, sudah memasuki tahap tender dan akan segera melaksanakan kegiatan. Siapapun pemenangnya nanti kita harapkan sampai selesai peroses pembangunan jalan tersebut tanpa adanya halangan,"tutup Fajri. (*) 

Penulis : Juliadi