Masrul Kasmy: Progres APBD Riau Sampai Hari Ini Untuk Fisik 33 Persen dan Keuangan 20,1 Persen

Selasa, 15 Juni 2021

Pj Sekdaprov Riau, Masrul Kasmy

PEKANBARU, PANTAUNEWS.CO.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menggelar rapat evaluasi pelaksanaan kegiatan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2021 di Ruang Rapat Melati Kantor Gubernur Riau, Selasa (15/6/2021).

Rapat evaluasi yang dipimpin Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Masrul Kasmy ini juga dalam rangka mendorong Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Riau untuk merealisasikan belanja pemerintah sesuai dengan instruksi pemerintah pusat.

Pasalnya hasil evaluasi APBD Riau 2021, sampai pertengahan Juni 2021 realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Riau untuk fisik baru mencapai 33 persen dan keuangan 20,1 persen. 

"Progres APBD Riau kita sampai hari ini untuk fisik 33 persen dan keuangan 20,1 persen," kata Masrul Kasmy.

Ia mengungkapkan, laporan hasil rapat ini akan menjadi dokumen penting untuk melihat sejauh mana progres realisasi anggaran pada setiap triwulannya. dengan rapat ini ada beberapa hal yang perlu kita bahas untuk bahan evaluasi bagi kita semua," ungkapnya.

Berdasarkan hasil evaluasi OPD kata Masrul, ternyata masih ada OPD yang lambat dalam menyelesaikan dokumen kegiatan. terutama untuk pelelangan.

"Ini yang membuat lambat. Kemudian juga ada kesalahan dalam sistem pelaporan," ulasnya. 

"Kemudian kendala lain ada kesalahan dalam laporan, seperti di Biro Kesra Setdaprov Riau ada dana transfer sekolah dasar Rp 1,7 miliar dan sudah dibayarkan sebesar Rp 600 juta sekian. hanya saja itu tidak ada dalam sistem, sehingga realisasi sekretariat daerah rendah," terangnya. 

Semua kendala-kendala itu paparnya, akan segera diselesaikan. Sehingga target yang disampaikan Gubernur Riau H Syamsuar kepada seluruh OPD akan tercapai. 

"OPD rata-rata optimis mengatakan bisa mencapai angka 40 persen. Makanya akan kita tunggu hasilnya bulan depan (Juli)," kata Masrul lagi.

Turut hadir dalam rapat tersebut, Asisten II Setda Riau, Evarefita, Kepala OPD di lingkungan Pemprov Riau serta tamu undangan lainnya.(MCR/Rasid)