Pengamat Tata Kota Bicara Potensi Sungai Sail

Rabu, 30 Juni 2021

PEKANBARU, PANTAUNEWS.CO.ID - "Peran penting Sungai Sail itu sebetulnya adalah masalah ekologi, sungai itu adalah fungsi ekologinya. Fungsi atau peran penting sungai sail ini yang harus kita jaga pertama, fungsi ekologinya, fungsi ini yang paling banyak yakni fungsi untuk mengalirkan air mesti dipelihara. kalau sekarang ini kan banyak endapan supaya fungsi ekologinya itu terjaga maka endapannya harus dibersihkan dan digali".

Demikian disampaikan pengamat perkotaan, Dr Muhammad Ikhsan saat menjadi nara sumber dalam diskusi revitalisasi Sungai Sail, Kota Pekanbaru pada Sabtu (26/6/2021) seperti dikutip dari tayangan youtube Ceria TV yang dilihat wartawan pada Rabu (30/6/2021).

Ikhsan mengatakan," pemko Pekanbaru sudah menyusun masterplan penanganan banjir salah satu yang utamanya itu adalah penanganan sungai sail ini. fungsi ekologi selain mengalirkan air itu juga sebagai fungsi lingkungan. fungsi ekologinya kita tidak pelihara maka fungsi - fungsi yang lain itu akan susah termasuk fungsi rekreasi," katanya.

Ikhsan mengungkapkan," sungai sail ini menariknya karena berada di tengah kota membelah kota pekanbaru ini hampir simetris. kalau sungai sail ini dijadikan water front city itu memang pekanbaru ini biasa berkuasa penuh dia. sungai sail ini memang wewenangnya pekanbaru tetapi untuk penanganan itu bisa Balai Besar Wilayah Sungai ( BBWS ) karena dia masih masuk sungai ordo 2 istilahnya. menentukan batas - batas sempadan sungai ini merupakan wewenang pemerintah kota termasuk juga izin - izinnya. sungai sail sangat potensial sekali," ungkapnya.

"Selama ini kita kan memandang waterfront city itu gedung - gedung dan mal - mal. waterfront city tidak harus begitu. waterfront city itu bisa taman - taman di pinggir sungai, jalan di pinggir sungai. artinya waterfront city itu kalau kita misalkan ada rumah, air yang jadi depannya rumah itu sehingga sungai kita ini menjadi perhatian. dia bukan belakang rumah kita," tutupnya. (Rasid Ahmad)