PLN UP3 Pekanbaru Raih Prestasi di Ajang Lomba Berbalas Pantun

Senin, 14 Juni 2021

JAKARTA, PANTAUNEWS.CO.ID - Penganugerahan pemenang Lomba Berbalas Pantun digelar di gedung Kementrian BUMN pada Kamis (10/6/2021). penganugerahan itu merupakan kegiatan puncak dari serangkaian kegiatan Lomba Berbalas Pantun merebut Piala Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tahun 2021 yang diselenggarakan oleh PT. Balai Pustaka. 

Peserta lomba yang mengikuti lomba berbalas pantun ini telah memecahkan rekor dengan jumlah peserta yakni sebanyak 1.085 peserta yang terbagi dalam 2 Kategori. Kategori pertama, kategori Milenial BUMN yang diikuti oleh seluruh BUMN dan Kategori kedua, Kategori Umum yang diikuti oleh seluruh daerah dari Aceh sampai Papua. 

Adapun yang menjadi juri utama pada penganugerahan lomba berbalas pantun diantaranya, Syam Haesy (Penyair dan pengamat sosial budaya), Rendra Setyadiharja (Pemecah rekor MURI berbalas pantun 6 jam dari Kepri), Dewi Yull (Penyanyi dan pegiat sastra) serta Juri Kehormatan Sandiaga Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif). 

Tim Pantun Tuah Pujangga, yang berasal dari salah satu Sanggar Seni di Kota Pekanbaru berhasil menyabet Juara 1 pada Kategori Umum, sedangkan Tim Pantun Sinergi Pekanbaru yang beranggotakan Milenial BUMN dari PLN UP3 Pekanbaru, berhasil mempersembahkan juara 2 pada Kategori Milenial BUMN. 

Selain itu, Tim Pantun Tige Suboh dari PLN UIW Riau dan Kepri dan Tim Pantun Zapin Melayu dari PLN UPDK Pekanbaru berhasil masuk dalam 10 nominasi terbaik pada Kategori Milenial BUMN. 

Keempat Tim Pantun tersebut membawa nama harum Provinsi Riau diajang Lomba Pantun Tingkat Nasional. 

untuk diketahui, pantun telah dikukuhkan oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda milik Indonesia. 

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir sangat mengapresiasi kegiatan ini yang menjadi wadah kreatifitas dan inovasi berbasis budaya. Keberlangsungan budaya pantun ada ditangan kita semua. kalau bukan kita yang lestarikan, pantun hilang dimakan zaman. 

Saya harap semangat dan kreatifitas seluruh peserta menjadi motivasi PT Balai Pustaka untuk terus meningkatkan penyelenggaraan Lomba Berbalas Pantun di tahun depan dan Kegiatan Lomba Berbalas Pantun ini dijadikan kegitan rutin tahunan. 

"Lestarikan pantun budaya bangsa, budaya terjaga jayalah Indonesia," tutup Erick Thohir.

Pada lomba tersebut tim pantun sinergi pekanbaru PLN UP3 Pekanbaru meraih juara 2 kategori Milenial BUMN.

Manager Keuangan dan Umum PLN UP3 Pekanbaru, Syaeful Hanan ketika dikonfirmasi mengatakan," Kami dari pihak PLN sebagai peserta lomba pantun, sangat bangga bisa membawa nama provinsi Riau, khususnya kota Pekanbaru dalam ajang lomba pantun ini," katanya kepada wartawan pada senin (14/6/2021).

"Kami sangat berharap dari keberhasilan ini dapat meningkatkan minat pantun untuk para milenial sehingga budaya pantun bangsa ini dapat terus kita lestarikan," ujar Syaeful. 

Untuk dapat melihat kreatifitas dan inovasi para pemenang Lomba Berbalas Pantun tahun ini, bisa disaksikan pada channel Youtube Balai Pusta TV atau dari instagram pt_balaipustaka. (Rls/Rasid)