Wan Muhammad Hasyim Terpilih Sebagai Ketua IKA Unri, Achmad Sampaikan Hal Ini

Senin, 07 Juni 2021

PEKANBARU, PANTAUNEWS.CO.ID - Pemilihan Ketua Umum dalam Kongres IKA Unri V tahun 2021 yang menetapkan 2 calon yakni antara DR H Achmad MSi dan H Wan Muhammad Hasyim SE Ak berhasil dimenangkan oleh H Wan Muhammad Hasyim. H Wan Muhammad Hasyim berhasil mengalahkan Achmad sebagai calon ketua umum dengan memperoleh suara delapan berbanding tujuh artinya hanya selisih 1 suara pada sidang pleno IV Kongres IKA Unri yang digelar sabtu (5/6/2021) malam secara virtual.

H Wan Muhammad Hasyim merupakan alumni Fakultas Ekonomi sedangkan Achmad merupakan alumni pasca Sarjana Unri. pemilihan ketua umum tersebut dipimpin oleh Edwin Syarif selaku pimpinan sidang. pemilihan kali ini memperebutkan 15 pemilik suara dari masing - masing utusan IKA Fakultas dan Komisariat yang ada di universitas Riau. 15 suara utusan itu diantaranya terdiri dari 11 IKA Fakultas yakni Fisipol, Teknik, Ekonomi, FKIP, kedokteran, Hukum, Faperika, Fakultas Non Gelar Teknologi , Keperawatan, FMIPA dan Pertanian. sedangkan 4 Komisariat terdiri dari IKA Jabodetabek, Inhil, RAPP dan Indonesia Timur dan Tengah. 

Pada tahap sidang pleno IV pimpinan sidang menetapkan hanya 2 calon yang memenuhi persyaratan sebagai calon ketua umum. pemilihan dilakukan dengan sistem tertutup yakni pemilik suara memilih calon dengan cara menuliskan nama calon didalam sebuah kertas. setelah itu dimasukkan ke dalam kotak suara lalu panitia melakukan perhitungan suara hasilnya Wan Muhammad Hasyim memperoleh 8 suara sedangkan Achmad 7 suara.

" 2 calon ini suaranya tidak ada yang lewat dari 50 persen plus satu. maka dilakukan pemungutan suara," Ujar Pimpinan Sidang, Edwin Syarif.

"setelah dilakukan pemungutan suara, suara terbanyak dan dinyatakan sah sebagai ketua umum IKA Unri Masa Bakti 2021 - 2025 adalah H Wan Muhammad Hasyim dengan perolehan 8 suara maka pimpinan sidang menetapkan H Wan Muhammad Hasyim sebagai ketua umum terpilih," terang Edwin Syarif.

Ketua Umum IKA Unri terpilih H Wan Muhammad Hasyim dalam sambutan perdananya mengatakan," ini merupakan kemenangan kita semua. saatnya alumni bersatu melangkah maju. penghargaan setinggi - tingginya kepada seluruh teman - teman panitia yang telah bekerja keras dari awal sekian bulan yang lalu sampai akhir dan hari ini alhamdulillah berjalan sangat luar biasa, kondusif hampir tidak ada kendala yang berarti. saya angkat topi kemudian juga kepada pengurus periode yang lama kepada ketum Hijazi terutama beserta jajarannya yang saya kira memberikan hal yang luar biasa pada hari ini merubah IKA kita ke depan. tentunya program - program yang sudah berjalan sangat baik tentu akan kita lanjutkan dan kita akan tambah beberapa program yang akan lebih banyak memberikan manfaat," katanya.

"ritel saya offline sekarang sudah mulai online. saya melihat market place seperti shoppe, tokopedia itu besar karena semakin banyak pedagang yang ada disitu itu akan semakin banyak mengundang pengunjung. begitu pengunjung banyak, itu pedagang akan semakin banyak masuk karena pengunjungnya ramai, "paparnya. 

menurutnya begitu juga halnya dengan alumni yang hebat - hebat di Universitas Riau kalau ini kita kumpulkan dan satukan itu akan membuat mengangkat kampus kita sendiri. lulusan terbaik itu akan bisa masuk ke kampus kita. Unri akan menjadi pilihan pertama bagi mereka dengan mutu yang lebih baik lagi. semakin hebat alumni akan membuat kampus semakin baik.

"sekali lagi saya ucapkan terimakasih banyak, "ujar Wan Muhammad Hasyim yang akrab disapa Suhu Wan ini.

Sementara itu H Achmad kepada wartawan mengatakan," saya mengucapkan selamat atas terpilihnya Wan Muhammad Hasyim yang sudah terpilih sebagai ketua umum melalui proses demokrasi yang sangat - sangat demokratis sehingga beliau unggul dari saya. untuk itu saya ucapkan sekali lagi selamat semoga sukses dan saya siap mensupport suhu wan sebagai ketua umum untuk kemajuan unri kedepan ini. Unri ini milik kita bersama," katanya melalui video yang diterima pada Ahad (6/6/2021).

"sekali lagi saya merasa senang dan bangga ikut proses ini dan sangat - sangat berkesan didalam proses demokrasi di IKA Unri. semoga IKA Unri ini maju dan lebih jaya lagi ke depan dibawah kepemimpinan ketua umum Suhu Wan. saya siap mensupportnya untuk kemajuan IKA Unri yang kita cintai. I Love You Ika Unri, "tutupnya. (*)

Penulis: Rasid Ahmad