Banyak Informasi Hoax mengenai Covid-19, Begini Penjelasan Jubir Satgas Covid-19 Riau

Rabu, 14 Juli 2021

PEKANBARU, PANTAUNEWS.CO.ID - Satuan tugas penanganan Covid-19 Riau mengadakan konferensi pers perkembangan Covid-19 Riau di posko gedung daerah, senin (12/7/2021).

“Grafik kasus antara bulan juni dan juli rata-rata 400 hingga 500 kasus artinya kemungkinan besar kalau kasus ini tidak turun tetap puncaknya itu dikisaran kurang lebih antara 12 ribu kasus dan 500 ribu kasus dibulan juli ini. kita harapkan kerjasama masyarakat agar jangan lebih kasus kita seperti yang terjadi bulan mei lalu,” kata juru bicara Satgas Covid-19 Riau, dr Indra Yovi saat jumpa pers, Senin (12/7/2021) 

“Total isu hoax sampai tanggal 12 juli ini sudah begitu banyak dan berbagai isu yang berkembang lewat media sosial baik itu dari orang awam atau pun oknum oknum petugas kesehatan yang menyampaikan dengan tidak bertanggung jawab. hal - hal yang misinformasi atau misleading ini kami mengharapkan kebijakan dari masyarakat untuk selalu menyaring sebelum mesharing. saring dulu sebelum share termasuk juga kami mengharapkan tidak ada informasi - informasi yang membuat masyarakat itu menjadi abai terhadap protokol kesehatan,” jelas Yovi.

Dijelaskan Indra Yovi, jangan sampai isu - isu negatif membuat kita lengah karena kita tahu kondisi sekarang ini kita berhadapan dengan dua hal memang. kita berhadapan dengan pandemi kita juga bermusuhan dengan hoax. dua dua ini menjadi musuh kita bersama karena hoax yang luar biasa itu akan membuat penanganan covid-19 yang kita lakukan secara terus menerus dengan bekerja keras di semua lapisan bisa dihancurkan oleh informasi - informasi yang disampaikan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. 

“Rumah sakit bukan jawaban dari memecahkan solusi artinya berapa pun kapasitas rumah sakit mau di buka. berapa pun obat akan disediakan, berapa pun oksigen yang akan disediakan oleh pemerintah tidak akan pernah cukup kalau seandainya kita tidak berbuat,” tutup Yovi. (Rasid Ahmad)