MTQ Propinsi Jambi di Tanjung Jabung Barat Diundur Akhir Tahun

Sabtu, 10 Juli 2021

TANJUNG JABUNG BARAT, PANTAUNEWS.CO.ID - Perhelatan akbar MTQ ke-50 tingkat Provinsi Jambi Tahun 2021 di Tanjung Jabung Barat berpontensi diundur ke Bulan Desember 2021.

Atas dasar penundaan tersebut dilatar belakangi oleh sejumlah masukan dan pertimbangan antara lain kondisi Covid-19, kemudian alasan insfratruktur jalan dua jalur dan jembatan di ruas jalan parit gompong dalam kondisi di kerjakan yang diperkirakan sampai saat ini belum terselesaikan jika digelar sesuai dengan recana awal pada Bulan September 2021 nanti. 

Hal ini terungkap dalam rapat persiapan penyelenggaraan MTQ ke-50 Tingkat Provinsi Jambi di pimpin langsung oleh Wakil Bupati Hairan, SH di pola Utama kantor Bupati Tanjung Jabung Barat, Jumat (9/7/2021). 

Rapat dihadiri Kapolres Tanjung Jabung Barat AKBP Guntur Saputro, SIK dan Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf Erwan Susanto, S.ip, para Asiaten Staf ahli dan OPD serta pengurus LPTQ Tanjab Barat. 

Wakil bupati juga menyampaikan bahwa rapat kali ini merupakan tindak lanjut hasil koordinasi pihaknya selaku ketua Lembaga Pengembangan Qur'an (LPTQ) Tanjung Jabung barat dengan Pemprov Jambi pada 3 juli 2021.

"Dalam hal ini mendapat masukan dan saran kami tidak ingin memutuskan sendiri mengenai waktu pelaksanaan MTQ guna menghindari ada stigma negatif baik dari masyarakat ataupun dari pihak internal Pemkab sendiri," ungkap Wabup.

"Selanjutnya dengan memperhatikan perkembangan pandemi Covid-19 akan dikoordinasikan kembali kemungkinan penyelenggara event tersebut secara virtual. Sementara terkait bila MTQ nantinya harus virtual Kapolres AKBP Guntur Saputro, SIK mengungkapkan agar dipersiapkan betul-betul prasarananya serta teknis pelaksanaannya dengan Prokes tidak terjadi hal-hal diluar dugaan. 

Demikian pula bila dilaksanakan secara langsung pengendalian masyarakat dan Prokes harus ketat. "Pertimbangan yang paling utama adalah melindungi keselamatan masyarakat dari penyebaran Covid-19," katanya.

Dengan sejumlah pertimbangan di atas kesepakatan rapat hari ini, untuk sementara pelaksanaan MTQ yang awalnya direncanakan di September 2021, diajukan penundaannya ke Bulan Desember 2021. (syahrial)