Pemuda Gonjong Limo Potong 4 Ekor Sapi Saat Hari Raya Idul Adha

Rabu, 21 Juli 2021

PANTAUNEWS.CO.ID, DUMAI - Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah ditetapkan jatuh pada tanggal 20 Juli 2021.

Idul Adha biasanya dirayakan dengan memotong hewan kurban seperti kambing, domba, sapi, maupun kerbau, kemudian membagikan dagingnya kepada masyarakat di sekitar orang yang berkurban.

Persatuan kedaerahan dan kesukuan Gonjong Limo Dumai melaksanakan pemotongan hewan Qurban pada Rabu 21/Juli/2021 di Jl Raya Bukit Kota Dumai Sebanyak 4 ekor yg tahun sebelumnya hanya 1 ekor.

Pelaksanaan Qurban dilaksanakan dengan cara gotong royong menunjukkan bentuk kebersamaan komunitas ini dalam melaksanakan suatu kegiatan.

Ketua Pelaksana Qurban, Amri Tanjung melalaui sekretaris panitia Miftahul Hafis menyampaikan peserta qurban di Gonjong Limo Dumai ini berasal dari Ninik Mamak , Bundo Kandung dan Pemuda  dengan latarbelakang berbeda beda.usai pemotongan dagingnya akan dibagikan ke masyarakat Gonjong Limo juga atau warga Payakumbuh yang berada di Kota Dumai.

"Sebanyak lebih dari 240  bungkus kupon daging hewan kurban ditambah 28 kupon daging peserta serta 56 kupon daging pengiring dibagikan. Hal juga sebagai wujud kepedulian dan indahnya untuk saling berbagi dengan sesama antara Keluarga Gonjong Limo," ungkapnya.

Ia mengatakan hakikat berqurban itu mengandung dua dimensi ibadah dalam Islam yakni Hamblum Minallah dan Hablum Minannas dalam arti berqurban merupakan simbol kepatuhan kepada perintah Allah SWT. Berqurban juga memiliki nilai kesetiakawanan dan kebersamaan sebagai wujud kepedulian kita dengan berbagi pada sesama.

"Mudah-mudahan di tahun-tahun mendatang dapat memotivasi kita khususnya Warga Gonjong Limo  agar dapat berqurban lebih banyak lagi sehingga menjadi tauladan bagi Komunitas lainnya," Tambah Hafis.