Ruas Jalan Watu Cie-Deno Sangat Strategis Bagi Peningkatan Ekonomi Warga

Kamis, 29 Juli 2021

MANGGARAI TIMUR, PANTAUNEWS.CO.ID - Ruas jalan yang menghubungkan sejumlah desa di Kecamatan Lamba Leda Selatan, tepatnya di jalur Watu Cie menuju Deno, Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Nusa Tenggara Timur (NTT) dianggap sangat strategis untuk peningkatan ekonomi warga yang bermukim di seputaran wilayah tersebut.

Demikian salah satu hal yang disampaikan Bupati Manggarai Timur, Agas Andres seperti yang dilansir pada halaman resmi Prokopim Matim.

"Ruas jalan Watu Cie-Deno sangat strategis bagi  peningkatan ekonomi masyarakat," ujar mantan Wakil  Bupati Manggarai Timur itu saat dirinya memantau langsung kegiatan pelaksanaan pengerjaan proyek peningkatan jalan di jalur tersebut, pada Rabu (28/7/2021).

Dia menyebutkan, ruas jalan tersebut (Watu Cie-Deno) melewati setidaknya 7 desa. Sehingga, menurutnya, proyek peningkatan jalan yang sedang dikerjakan itu, tentu saja menjadi generator ekonomi bagi masyarakat.

"Jalan ini melewati 7 desa dan tentu saja ini bisa jadi generator ekonomi masyarakat," kata Bupati Ande.

Selain itu, lanjut dia, Bupati dan Wakil Bupati Matim juga merasa kecewa, lantaran ruas jalan tersebut semestinya sudah dapat dimanfaatkan tahun ini, kalau saja tidak di-refocusing anggarannya untuk penanganan Covid-19 pada tahun lalu.

"Saya dan Wakil Bupati merasa kecewa karena seharusnya jalan ini sudah bisa digunakan tahun ini kalau saja tidak di-refocusing. Ini adalah salah satu beban kami kepada masyarakat," kata Bupati.

Politisi PAN itu juga mengakui, sejumlah rencana pembangunan infrastruktur jalan yang telah diagendakan sebelumnya di Kabupaten Manggarai Timur tidak mencapai target karena kondisi pandemi Covid-19.

"Pandemi Covid menyebabkan beberapa pekerjaan ditunda bahkan tidak bisa dilaksanakan terutama di tahun 2019 dan 2020. Anggaran untuk pekerjaan yang ditargetkan 10 KM per kecamatan per tahun juga tidak bisa dilaksanakan," ungkapnya.

Pada akhir penyampaiannya, Bupati mengajak seluruh masyarakat untuk berdoa bersama agar pandemi ini segera berakhir, sehingga tahun depan kita sudah bisa bekerja sesuai dengan yang telah direncanakan.

Untuk diketahui bahwa pekerjaan peningkatan jalan pada jalur Watu Cie-Deno dilaksanakan oleh PT. Menara Pratama, dengan total nilai kontrak sebesar Rp 10.876 juta yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). (*)

Penulis: Richard Bon