Ini Capaian Pelaksanaan Vaksin Covid-19 di Manggarai Barat

Rabu, 04 Agustus 2021

MANGGARAI BARAT, PANTAUNEWS.CO.ID - Proses pelaksanaan vaksinasi untuk memperkuat imunitas tubuh warga dari serangan virus Corona terus digelar di seluruh wilayah di tanah air. Tak terkecuali di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur.

Informasi yang diperoleh media ini, dilaporkan bahwa capaian kegiatan vaksinasi Covid-19 tahap pertama bagi warga yang tinggal di wilayah ujung barat Pulau Flores itu berjumlah 48,885 penerima vaksin atau setara dengan 18,7 persen untuk tahap pertama, sedangkan tahap kedua mencapai 13,6 persen atau sekitar 33,995 warga penerima vaksin.

"Sampai dengan saat ini progres vaksin tahap pertama sudah mencapai angka 18,7 persen atau 46.885 warga sedangkan untuk vaksin tahap kedua progresnya sudah mencapai 13,6 persen atau sekitar 33.995 warga," ungkap Kadis Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat, Paulus Mami saat kegiatan vaksinasi di Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Labuan Bajo, Manggarai Barat, Selasa (3/8/2021).

Kadis Kesehatan itu meyakini bahwa jumlah masyarakat yang akan menerima vaksin akan terus bertambah seiring dengan kesadaran masyarakat yang semakin tinggi terhadap pentingnya vaksinasi dalam rangka Manggarai Barat akan bebas dari wabah Covid-19.

"Kami yakin angka sasaran penerima vaksin akan semakin bertambah kedepannya dan terget vaksinasi bisa tercapai seiring kesadaran masyarakat terhadap vaksin yang semakin tinggi, sehingga lambat laun daerah ini akan terbebas dari covid-19. Sehingga aktivitas kepariwisataan dan ekonomi masyarakat bisa berjalan normal," kata Paulus Mami.

Dalam kegiatan vaksinasi itu, Paulus Mami juga mengatakan, warga Manggarai Barat yang akan divaksinasi pada kegiatan tersebut, ditargetkan mencapai 1,000 warga penerima vaksin, dan berharap sampai September telah mencapai angka 70 persen.

"Hari ini dilaksanakan vaksinasi dengan target sasaran 1.000 warga masyarakat Manggarai Barat. Ditargetkan sampai dengan bulan September nanti vaksinasi untuk masyarakat Manggarai Barat sudah mencapai angka 70 persen," ujar Kadis Kesehatan Mabar itu.

Penyelenggaraan vaksinasi yang digelar Pemkab Manggarai Barat ataupun instansi lain seperti salah satunya, Lanal Labuan Bajo, katanya, merupakan program dalam rangka mempercepat vaksinasi warga masyarakat di Kabupaten Manggarai Barat. 

Untuk diketahui, total sasaran penerima vaksin di wilayah tersebut, kata Kadis Paul Mami, berjumlah sekitar 250 ribu penerima vaksin. (*)

Penulis: Richard Bon