Kalapas Kelas III Alahan Panjang Ajak Semua Pihak Berkontribusi Lakukan Pembinaan

Jumat, 10 September 2021

SOLOK, PANTAUNEWS.CO.ID -  Kalapas Kelas III Alahan Panjang Darwan SH, MH mengajak semua petugas Lapas, pemuka masyarakat, niniak mamak, alim ulama, dan cadiak pandai untuk bisa berkontribusi melakukan pembinaan di lembaga pemasyarakatan kelas III Alahan Panjang, Kamis (9/9/2021).

Ada 2 bentuk pembinaan yaitu pembinaan yang sifatnya kepribadian dan pembinaan yang bersifat kemandirian. Pembinaan yang bersifat kepribadian merupakan kegiatan yang selalu dilakukan dalam binaan dan bimbingan rohani setiap hari. 

"Kami selalu mengadakan wirid untuk mengisi kerohanian masyarakat warga binaan yang ada didalam lapas seperti shalat Jum'at, membaca al-qur'an dan mengajarkan al-qur'an kepada yang belum bisa membacanya," ujar Darwan.

Selanjutnya, pembinaan kemandirian ada bermacam-macam pembinaan kemandirian. Diantaranya pertukangan kayu, pembuatan tempe, pembuatan tenda, dan pembuatan karangan bunga.

"Dengan Adanya pembinaan ini diharapkan setelah warga binaan keluar bisa membuka lapangan sesuai dengan keahlian yang mereka miliki. Pelatihan kemandirian ini juga memberikan sertifikat bersertifikat", lanjut Darwan.

Kalapas juga berharap kepada pemerintah daerah dengan adanya kenaikan kelas dari cabang rutan terhitung Januari 2020 menjadi Lapas. 

"Lapas kelas III Alahan Panjang Kurang memadai terutama tempat yang relatif sempit. Sehingga warga binaan terbatas dalam melakukan kegiatan-kegiatan karena kurangnya sarana dan prasarana terutama tempat", ujarnya.

Kalapas kelas III Alahan Panjang akan laporkan ini kepada pemerintah daerah dan kerja Sama dengan kemenkum HAM Sumbar agar bisa untuk melakukan relokasi tempat. (Nov)