Anggota KTMM Labuan Bajo Ikut Pameran Wisata Kelas Dunia di Doha

Jumat, 12 November 2021

MANGGARAI BARAT, PANTAUNEWS.CO.ID - Sejumlah tour operator/travel agent lokal dari Kabupaten Manggarai Barat, NTT yang tergabung dalam anggota/pendiri koperasi jasa pariwisata bernama Koperasi Tiba Meka Mandiri (KTMM) Labuan Bajo ikut terlibat dalam kegiatan pameran/pasar wisata kelas dunia di Doha, Qatar.

Pameran wisata level internasional yang disebut dengan Qatar Travel Mart 2021 yang diselenggarakan oleh salah satu 'event organizer' terpercaya di Doha bernama NextFair  berlangsung sedari tanggal 8 hingga 11 November 2021.

Ketua KTMM, Aloysius Suhartim Karya saat dihubungi media ini, Jumaat (12/11/2021) siang mengungkapkan, kegiatan tersebut dilakukan secara daring. Dan melibatkan setidaknya belasan perusahaan perjalanan wisata dari Negara Timur Tengah yang menjadi calon pembeli produk wisata yang akan dipasarkan.

"Kegiatannya dilakukan secara virtual. Belasan tour operator dari 'middle east country' yang terlibat dan menjadi 'buyers candidate kita," ungkap Ketua KTMM yang akrab disapa Louis itu.

Menurut Louis, kegiatan itu merupakan sebuah kesempatan yang luar biasa yang diberikan kepada Koperasi Jasa Pariwisata Manggarai Barat, Tiba Meka Mandiri. Even besar itu, jelas dia, diberikan seluas-luasnya kepada para pembisnis Indonesia untuk mempresentasikan produk jasa pariwisata yang kaya akan keindahan alam dan budaya yang tak ada duanya.

Dikatakannya, ini adalah debut perdana travel agent local yang adalah anggota dan juga pendiri Koperasi yang bergerak di bidang jasa pariwisata yang ada di Bumi Komodo itu. Pengalaman pertama mengikuti even internasional ini, jelas Louis, tak pernah dibayangkan sebelumnya. 

"Rasanya seperti mimpi. Puji Tuhan semuanya aman dan lancar. Meskipun banyak hal yang perlu disempurnakan ke depan" ungkap Louis dengan penuh bangga.

Lebih lanjut, pria yang baru menyandang gelar Amd.Par dari Politeknik Elbajo Commodus itu menjelaskan, kegiatan ini, juga sesi awal yang dapat dianalogikan sebagai tahap awal menabur benih pada ladang destinasi pariwisata Komodo dan Flores untuk persiapan musim panen di tahun depan.

"Jika selama ini dominan wisatawan yang mengunjungi Labuan Bajo dan Flores adalah para petualang mancanegara - Eropa. Maka saatnya, para pecinta Nusantara dari Timur Tengah akan hadir untuk mencicipi keindahan alam Nusantara, Tanah Nusa Bunga," ungkap Pemilik Mabar Bicara Podcast itu.

Selain itu, Louis bersama anggota pendiri koperasi Tiba Meka Mandiri, mengucapakan, terima kasih kepada The Indonesian Diaspora Network Global yang dengan baik hati memberikan kesempatan ini kepada anak Indonesia timur untuk terlibat dalam acara bergengsi ini. 

"Semoga, semua yang kita kerjakan saat ini akan bermuara pada penyumbangan devisa negara serta peningkatan pendapatan daerah, khususnya pendapatan asli daerah (PAD) Manggarai Barat," tutup Louis dengan nada penuh harapan.

Untuk diketahui bahwa sejumlah Tour Operator/Travel Agent lokal dari Kabupaten Manggarai Barat yang ikut-serta dalam Qatar Travel Mart 2021 tersebut diantaranya, Getrudis Tours, Komodo Trekker, Top Komodo Tours, Arsiva Tours, Lejong Flores Tours, Warisan Flores, Discovery Komodo Adventure. (Richard Bon)