Insan Pers dan Kesbangpol Kendal Adakan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan 2021

Ahad, 14 November 2021

KENDAL, PANTAUNEWS.CO.ID - Dalam rangka meningkatkan wawasan kebangsaan dikalangan insan pers,Kesbangpol Kendal adakan kegiatan yang bertema "Sosialisasi Peningkatan Wawasan Kebangsaan Tahun 2021".Kegiatan tersebut berlangsung di gedung Abdi Praja,kawasan Pemkab Kendal, Sabtu (13/11/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut seluruh wartawan baik cetak maupun online. Adapun narasumber dari Diskominfo Kendal dan dosen Unwahas.

Acara dibuka langsung oleh Kepala Kesbangpol Kendal,Suharjo,S.Sos,M.H.Dalam sambutannya dia mengatakan,Pers termasuk garda terdepan untuk memberikan informasi disetiap kejadian,dan menjadi jembatan antara masyarakat dengan pemerintah.

"Dalam rangka meningkatkan wawasan kebangsaan,maka perlu kita adakan sosialisasi peningkatan wawasan kebangsaan ditahun 2021 ini bersama teman-teman Pers.Karena Pers termasuk garda terdepan untuk memberikan informasi--informasi disetiap kejadian.Dan Pers merupakan jembatan antara masyarakat dengan pemerintah.Pers telah memberikan edukasi kepada masyarakat,sehingga masyarakat semakin sadar dan berdisiplin untuk mematuhi protokol kesehatan",kata Suharjo dalam sambutannya.

Adapun narasumber dari Diskominfo kendal diwakili oleh Kabid informasi dan komunikasi publik,Hj.Juweny S.Sos,M.Si.Dia sangat berterimakasih kepada semua insan pers di Kabupaten Kendal.

"Kami sampaikan terimakasih kepada teman--teman Pers semua,karena selama ini sudah menjadi mitra yang baik dengan Pemkab Kendal,dalam memberikan informasi--informasi kepada masyarakat tentang kegiatan maupun program Pemkab Kendal dan telah memberikan edukasi kepada masyarakat,terkait dalam mematuhi protokol kesehatan dimasa pandemi Covid 19 ini,"kata Juweny.

Pembicara terakhir diisi oleh dosen Unwahas Semarang,Drs.Joko Yuli Priatmoko,M.Si.Sesi terahir ini mengupas tentang ketahanan nasional.Menurutnya ketahanan yang paling pertama yaitu ketahanan individu masyarakat,harus dikuatkan,untuk menghadapi tantangan dan goncangan dimasa depan.

"Bangsa Indonesia merupakan negara besar karena terdiri ribuan pulau,bahasa dan keaneragaman budaya juga adat--istiadat.Ketahanan negara itu harus dari yang terkecil,yaitu ketahanan individu,diri kita sendiri,kemudian ketahanan tingkat RT,Desa,Kecamatan,Kabupaten,Propinsi dan seterusnya sampai ketahanan skala nasional seluruh Indonesia.Dengan ketahanan  individu masyarakat yang kuat,maka akan mampu beradaptasi,bertransformasi,dan mampu bangkit kembali menyusun strategi dalam menghadapi tantangan dan goncangan dimasa depan.Untuk itu penting sekali,ketahanan negara dimulai dari individu kita masing-masing",kata Joko.

Sebelum acara ini diakhiri,moderator memberikan waktu untuk tanya jawab para peserta.Kegiatan ini ditutup oleh moderator dengan memberikan kesimpulan bahwa pers merupakan garda terdepan untuk menjadi jembatan antara pemerintah dan masyarakat.Apalagi dalam pandemi Covid 19 ini,Pers sangat penting peranannya dalam memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat,sehingga protokol kesehatan akan tetap dijalankan,demi menghindari wabah Covid 19 ini.Dan pembangunan Kabupaten Kendal akan berjalan dengan baik. (Ahmad Nasirin)