Kadisdikbud Kota Subulussalam Buka Bimtek Literasi Dasar Tingkat PAUD

Sabtu, 13 November 2021

SUBULUSSALAM, PANTAUNEWS.CO.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), kota Subulussalam, resmi membuka Bimbingan Teknis (Bimtek),  literasi dasar tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (Paud), di aula pendidikan dinas pendidikan, desa Lae oram, kecamatan Simpang Kiri, kota Subulussalam, Aceh, Sabtu, (13/11/21).

Bimtek literasi dasar tingkat PAUD itu di buka langsung oleh PLT Dinas pendidikan dan Kebudayaan kota Subulussalam. H Sairun S.ag.

Dalam arahannya Kadisdikbud menekankan betapa pentingnya membudayakan membaca ditingkat usia dini dengan metode tertentu, agar generasi kedepan generasi gemar membaca.

Melihat dari hasil kesimpulan UNISCO, kata Kadisdik. Bahwa tingkat persentase rakyat Indonesia membaca diangka 0.0001 persen artinya 1 berbanding 10000 kalau kita melihat hasil yang dikeluarkan oleh Program of Internasional Student Asesment (PIDA), Indonesia berada diperingkat 62 dari 72 Negara.

"Hasil ini menunjukkan tingkat baca rakyat Indonesia masih rendah," kata kepala dinas pendidikan subulussalam.

Menyikapi hal itu, lanjut Sairun. Kita tidak boleh lalai harus segera memulai dari diri kita sendiri dan semua pihak harus mendorong program ini.

"Saya instruksikan kepada seluruh pengelola PAUD sudah saatnya menyiapkan ruangan pojok baca dimasing masing lembaga," ujar Sairun. 

Sairun juga mengharapkan. Untuk SD, dan SMP, agar menyesuaikan keinginan kita bersama, kepada pengelola PAUD, SD, dan SMP. Agar dalam pengalokasian anggaran baik dana BOP, maupun dana BOS, betul beroreantasi kepada kebutuhan sekala prioritas termasuk pengadaan buku di masing lembaga.

Dalam pantauan awak media ini kegiatan Bimtek Literasi Dasar itu berjalan lancar, dan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19. (Juliadi)