Lelang Jabatan Eselon ll Pemko Subulussalam, Bahagia Maha: Banyak ASN Ragu Untuk Mendaftar

Kamis, 11 November 2021

SUBULUSSALAM, PANTAUNEWS.CO.ID - Berdasarkan data yang dihimpun media ini dari Panitia Seleksi (Pansel), H.M . YA'KUB KS. Jabatan Eselon ll yang akan di lelang di lingkungan Pemerintahan Kota (Pemko), subulussalam, sebanyak 33 peserta.

Disampaikannya secara langsung via pesan singkat aplikasi WhatsApp kepada media ini. Kamis, (11/11/21).

"Saat ini baru sebanyak 33 peserta yang akan mengikuti lelang jabatan eselon ||," sampainya.

Disamping itu H.M . YA'KUB KS. selaku ketua Panitia Seleksi (Pansel) juga mengatakan akan memperpanjang masa pendaftaran.

"Ya diperpanjang sampai dengan tanggal 17 Nopember 2021," katanya.

Namun menurut pantauan Bahagia Maha, Ketua Fraksi Gerakan Amanat Aceh (Geranat), yang juga selaku wakil ketua Komisi A, DPRK subulussalam, Menyampaikan. Berdasarkan pantauan kami sampai ambang batas waktu penutupan pendaftaran yang telah ditetapkan Pansel nanti tidak seberapa ASN yang ikut mendaftar terkecuali ASN yang sudah dapat tiket untuk lulus dan pasti diangkat oleh penentu kebijakan itu.

"tentu yang lainya masih ragu - ragu untuk ikut mendaftar," ujar Bahagia Maha.

Karena, masih dalam pantauan Bahagia Maha. ASN yang ragu-ragu ini masih dalam berbagai pertimbangan.

"jikapun nanti hasil penilaian pansel dia lulus dan memenuhi syarat kriteria toh juga dianya nanti tidak diangkat karena mereka bukan bagian orang-orang yang memang mau diangkat oleh penentu itu," cetus Bahagia.

Bahagia juga membeberkan alasan lainnya ibarat seat (kursi) itu sudah full (penuh) diboking oleh orang orang tertentu, jadi pembukaan lelang jabatan ini kami kira itu hanya untuk memenuhi insyarat aja.

"Memang sudah diatur dalam ataruan ASN, tapi sudah ada orang orangnya," beber Bahagia.

Wakil ketua komisi A DPRK Subulussalam itu mengatakan telah mendapatkan informasi bahwa ada juga ASN yang sedang aktif menjabat sebagai kepala dinas definitip hasil lelang jauh sebelumnya, namun diberhentikan (dinonjobkan), tampa alasan yang mendasar.

"dinas itu telah diisi dengan PLT, nah seharusnya kepada ASN yang sedang aktif menjabat kepala dinas definitif harus dilakukan dulu job fit (dipindahkan setara eselon ll) baru ditunjuk PLT (Pelaksana Tugas), untuk mengisi kekosongan dinas tersebut," ucapnya.

Jadi, tegas Bahagia Maha. Bukan seperti yang dilakukan sekarang ini selain menyalahi aturan juga terkesan seperti membunuh karir para ASN.

"Sehingga dengan pelaksanaan lelang jabatan sekarang ini ada beberapa dinas yang tidak dilelang seperti dinas kesehatan persoalannya itu tadi dia karena pejabat definitipnya masih aktif tapi diberhentikan," tegas Bahagia.

melihat situasi kepemerintahan saat sekarang ini bagi ASN yang menduduki jabatan nantinya baik eselon lV, lll dan ll juga mereka itu merasa kurang nyaman karena tidak komitmenya pimpinan mereka, dan begitu juga dengan kondisi keuangan yang kurang mendukung.

"artinya ketika kadis dan kabit kabitnya membuat dan menyusun program  didinasnya masing masing danapun tidak mendukung dan hal itu sudah menjadi problem selama 2 tahun berjalanya pemerintahan yang sekarang ini," beber Bahagia.

"Ini juga menjadi salah satu penyebab minimnya ASN yang ikut mendaftar lelang jabatan, namun persoalan itu merekan hanya pendam didalam dadanya masing masing karena seorang abdi negara tetap, wajib disiplin, dan loyal, kepada atasan," tutup Bahagia Maha. (Adi)