Mahsiswa KKN-MK P006 Universitas Malikussaleh Gelar Nonton Bareng Murid SD

Senin, 01 November 2021

SOLOK, PANTAUNEWS.CO.ID - Upaya meningkatkan jiwa Nasionalisme di hari Peringatan Sumpah Pemuda, Mahasiswa KKN-MK P006 Universitas Malikussaleh, Gelar Nonton Bareng Film WAGE (Sejarah Sumpah Pemuda) bersama murid SDN 30 di Jorong Taratak Pauh Nagari Sungai Nanam, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok. (1/11/2021)

Kegiatan tersebut digelar di ruangan Kelas V SDN 30 oleh Mahasiswa dari jurusan Administrasi Publik yang sedang melaksanakan KKN individu di Jorong Jorong Taratak Pauh pada hari Sabtu jam 9.00 WIB.

Nada Nabila (22) merupakan salah satu Masiswa KKN-MK Perorangan mengatakan diadakan nonton bareng Ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai Sejarah Sumpah Pemuda kepada anak-anak SDN 30 yang nantinya akan menjadi penerus perjuangan bangsa Indonesia melalui semangat belajar mereka.

Film tersebut disaksikan oleh 42 orang murid kelas V. Setelah menyaksikan film WAGE yag di Sutradarai oleh John De Rantau, anak-anak di minta untuk menyampaikan nilai-nilai yang di dapat dari film sejarah sumpah pemuda tersebut, setelah itu menantang mereka untuk maju ke depan, dan memberi apresiasi dalam bentuk doorprize bagi mereka yang berani untuk maju ke depan.

Bu Hj. Tatisra (57) Selaku Kepala sekolah SDN 30 Sungai Nanam mengatakan “Program mahasiswa KKN ini sangat bermanfaat bagi siswa sekolah dasar dalam mengingatkan mereka sejarah perjuangan para pemuda indonesia melawan penjajahan, dan mengingatkan mereka kembali pelajaran yang telah pernah di pelajari sebelumnya untuk memupuk semangat mereka untuk terus belajar.

Para murid juga memberikan respon positif dalam kegitan yang berlangsung mereka sangat fokus mendengar, dan bersemangat untuk maju ke depan ketika diberi tantangan untuk menyampaikan nilai-nilai dari film yang di tontonkan.
 
Guna untuk melatih mereka dalam berfikir dan melatih keberanian untuk tampil di depan umum.

Dalam Kesempatan itu. Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Arief Rahman, S.Pd.,MPd menyambut kegiatan ini dengan baik beliau mengatakan “kegiatan NOBAR yang dilaksanakan ini sangat bermanfaat dan jelas mengandung nilai-nilai positif bagi anak Sekolah Dasar dalam mengingat kembali sejarah perjuangan bangsa Indonesia, selain itu juga menjadi bahan pembelajaran bagi mahasiswa yang sedang KKN dengan memberikan motivasi murid Sekolah Dasar (SD) untuk terus semangat belajar yang sebelumnya belum pernah di praktekan oleh mahasiswa selama perkuliahan. Ujarnya dalam Obrolan WhatsApp

Nada Nabila selaku pelaksana KKN-MK menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Sekolah dan majelis guru SDN 30 yang sudah mendukung kegiatan ini, berharap adanya kegiatan nonton bareng ini dapat memberikan pengetahuan, serta membangkitkan jiwa dan sikap nasionalisme generasi penerus bangsa melalui pengenalan film WAGE (Sejarah Sumpah Pemuda). Semangat perjuangan pemuda Indonesia untuk kemerdekaan dalam melawan penjajahan demi mempertahankan Tanah Air Indonesia. (Novri)