Pemkab Rokan Hulu Didesak Kucurkan Beasiswa Mahasiswa

Selasa, 09 November 2021

ROKANHULU, PANTAUNEWS.CO.ID - Koordinator Pusat (Koorpus) BEM Se-Riau, Jimmy Saputra Nst menilai bahwa Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hulu seakan tutup mata terhadap sektor pendidikan di Rokan Hulu.

Padahal, kata Jimmy, amanat mencerdaskan kehidupan bangsa telah ditegaskan melalui Pasal 3 UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional yang secara gamblang menjelaskan rumusan fungsi dan tujuan pendidikan nasional.

Jimmy Saputra Nst yang juga selaku Presiden Mahasiswa Unilak meminta Bupati untuk segera merealiasasikan beasiswa untuk mahasiswa Rohul sesuai UUD 1945 Tentang Pedidikan Pasal 31 Ayat 4. Karena negara harus memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya 20 persen dari APBD dan APBN

"Jika ini belum terealisasikan dalam waktu dekat berarti Bupati dan Wakil Rokan Hulu H. Sukiman & H. Indra Gunawan dianggap gagal dan diminta segera mundur dari jabatan karena dinilai tidak layak dalam memimpin Rohul untuk ke depan. Itu baru berbicara dari sektor pendidikan belum lagi berbicara dari sektor ekonomi, infrastruktur, ketenagakerjaan apalagi kesejahteraan rakyat tentu masih sangat jauh," tegas Jimmy.

Presma Unilak ini juga meegaskan, apabila tuntutan tersebut tidak ditanggapi, maka pihaknya akan mengintruksikan Koordinator BEM Se-Riau daerah Rokan Hulu untuk menggelar aksi dengan estimasi massa aksi 1000 orang di depan Kantor Bupati Rokan Hulu.

Jimmy menyampaikan, bahwa beberapa waktu lalu Bupati Rohul Sukiman sudah melantik PJ Sekda Rohul Muhammad Zaki, harapan mahasiswa, sebagai perpanjang tangan dan yang membantu tugas Bupati, Sekda harus mampu dan dapat mengakomodir administrasi birokrasi serta keorganisasian mahasiswa. "ke depan jika tidak bisa lebih baik mundur saja dari jabatannya sebagai Sekda," tukasnya.